youngster.id - Sebagai upaya memperkuat layanan nasabah berbasis digital, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) berkolaborasi dengan perusahaan survei visual asal India CamCom Technology Pvt Ltd (CamCom),untuk meluncurkan Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang membantu proses penilaian (survei) kendaraan dalam pembuatan polis asuransi kendaraan.
“Kami memahami bahwa kecepatan dan ketepatan layanan menjadi faktor penting bagi nasabah untuk asuransi kendaraan. Pengembangan ini menunjukkan komitmen ZAI dalam memperkuat pelayanan nasabah berbasis digital, agar lebih seamless, praktis dan efisien bagi nasabah,” kata Edhi Tjahja Negara, CEO Zurich Asuransi Indonesia, Selasa (30/5/2023).
Proses survei kendaraan itu sendiri diperlukan dalam membuat polis asuransi untuk mobil bekas atau yang tidak baru keluar dari dealer.
Umumnya, proses tersebut dilakukan secara manual, namun dengan fitur ini, agen dan surveyor kini dapat melakukannya secara otomatis dalam melengkapi proses survey kendaraan untuk memberikan laporan pemeriksaan yang lebih akurat sehingga memungkinkan ZAI dapat memberikan nilai perlindungan yang sesuai, lebih cepat, lebih akurat, dan meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh manusia. Dengan teknologi ini, nasabah dapat memperoleh polis di hari yang sama.
“Kami bangga dipilih sebagai mitra utama untuk pengembangan teknologi AI oleh salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Kami memahami bahwa Indonesia adalah pasar besar untuk kendaraan mobil dan percepatan digitalisasi sangat diperlukan untuk merangkul permintaan yang terus bertumbuh. Kami optimis teknologi AI ini akan semakin mengoptimalkan layanan ZAI ke depan,” kata Mahesh Subramanian, Co-founder & COO CamCom.
Teknologi ini tersedia untuk seluruh kendaraan roda empat dan dapat dipergunakan untuk melakukan penilaian kendaraan yang tersedia pada beberapa agen yang sudah ditunjuk ZAI.
HENNI S.
Discussion about this post