Tingkatkan Literasi Digital Gen Z, Kemenkominfo Berkolaborasi dengan Grup Band HIVI!

cerita-dunia-maya

Kemenkominfo, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi berkolaborasi dengan grup band HIVI! untuk tingkatkan edukasi literasi digital, khususnya bagi generasi Z di Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mengumumkan kolaborasinya dengan grup band HIVI! untuk tingkatkan edukasi literasi digital, khususnya bagi generasi Z di Indonesia.

Lewat kolaborasi ini, Kemenkominfo dan HIVI! memperkenalkan aransemen musik easy listening dengan lirik yang menggugah generasi muda untuk bijak menggunakan internet. Video musik ini juga mengajak anak muda untuk semakin cerdas menyikapi dampak negatif internet, khususnya bagi kesehatan mental mereka.

Ada lebih dari 200 juta orang di Indonesia yang aktif menggunakan internet dalam berinteraksi sosial. Khususnya selama pandemi, masyarakat semakin meningkatkan penggunaan internet dan teknologi digital untuk menjaga produktivitasnya.

“Namun, teknologi digital dan internet juga berdampak negatif jika digunakan untuk menyebarkan hoax, cyber-bullying, radikalisme, bahkan terorisme. Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai literasi digital, sehingga mereka, khususnya generasi muda, semakin bijak menggunakan internet,” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11/2021).

Oleh karena itu, pemerintah meningkatkan kolaborasinya dengan komunitas anak muda, salah satunya HIVI!, grup band beranggotakan empat musisi berbakat, yang telah merilis berbagai lagu populer dan easy listening sejak tahun 2002. Lewat kolaborasi ini, diharapkan pemerintah dapat semakin mudah menjangkau khalayak yang lebih muda untuk menyosialisasikan literasi digital.

Dalam kolaborasi ini, HIVI! menulis dan mengaransemen sebuah lagu berjudul “Cerita Dunia Maya #MakinCakapDigital” yang mengajak generasi Z memanfaatkan internet untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Kampanye lewat video musik ini juga mengedukasi mereka untuk semakin berani dan bertanggung jawab dalam mengeksplorasi diri melalui konten digital.

“Musik merupakan sarana yang universal dan sangat mudah diterima oleh masyarakat dari seluruh kalangan. Lewat musik, pendengar juga sangat mudah terhubung secara emosional, sehingga kami berharap pesan dari kampanye ini dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat khususnya anak muda,” ujar Rizki.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version