youngster.id - Di tengah pandemik virus Covid-19, semakin banyak perusahaan menerapkan model bekerja dari rumah untuk para karyawannya. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan konsep bekerja dari rumah untuk jangka waktu lama, perubahan pola kerja seperti ini bisa menjadi transisi menantang.
Perusahaan teknologi dunia, Google, melalui tim People Analytics, melakukan penelitian dengan mewawancarai 5.000 karyawan dari berbagai perusahaan untuk mengetahui apa saja tantangan yang muncul ketika harus berkolaborasi dengan teman kerja dari zona waktu dan lokasi berbeda.
“Di Google, kami ingin memahami lebih jauh pengaruh pola kerja dari rumah terhadap kinerja tim,” demikian rilis Google Jumat (20/3/2020).
Setelah melakukan studi selama dua tahun, Google menemukan bahwa bekerja dari rumah ternyata sama efektifnya dengan bekerja di kantor, tapi prosesnya belum tentu mudah atau menyenangkan.
Tantangan yang biasanya muncul saat harus bekerja dari rumah adalah, mereka tidak tahu harus mulai dari mana. Misalnya, apa saja yang harus ditanyakan ketika bekerja dari rumah, apa saja hal-hal penting yang harus dilakukan saat bekerja dari rumah.
Untuk membantu karyawan di perusahaan besar atau kecil beradaptasi dengan pola kerja dari rumah, berikut lima tips profesional :
1. Saling bicara satu sama lain
2. Pastikan Anda hadir dan tetap menyimak
3. Jangan lupakan rekan yang lokasinya jauh
4. Tetapkan Aturan tim
5. Makan bersama sambil video call
STEVY WIDIA
Discussion about this post