youngster.id - Ramadan sebentar lagi tiba. Hal ini tentu menjadi momen penting bagi masyarakat, termasuk pelaku usaha. Berdasarkan riset Toluna pada tahun 2024, 75% responden sudah aktif mencari inspirasi, tips, dan ide hadiah Ramadan 1-2 minggu sebelum Ramadan dimulai. Peluang pasar ini perlu ditangkap oleh pelaku usaha termasuk UKM.
SMB Education and Engagement Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Teddy mengatakan, untuk maksimalkan persiapan bisnis jelang bulan Ramadan, Tokopedia dan ShopTokopedia pun membuat webinar edukasi #SIAPRAMADAN untuk penjual hingga kampanye Ramadan Ekstra Seru.
“Ada peluang yang besar bagi pelaku usaha termasuk UMKM untuk menaikkan pendapatan di bulan Ramadan,” ujar Teddy dikutip Jumat (14/2/2025).
Tokopedia dan ShopTokopedia melalui Teddy dan sejumlah pelaku usaha membagikan tips memaksimalkan persiapan bisnis menjelang bulan Ramadan untuk mengoptimalkan pendapatan.
Jaga ketersediaan stok
“Penjual sebaiknya menjaga ketersediaan stok pada semua fase, yaitu sebelum, saat, dan setelah Ramadan untuk mempertahankan pembeli. Pastikan produk, khususnya yang paling laris, memiliki stok yang cukup termasuk saat terjadi lonjakan pesanan di bulan Ramadan. Manfaatkan juga fitur-fitur penjualan yang bisa memberikan informasi produk populer berdasarkan kategori dan lokasi penjual, serta kata kunci yang paling sering digunakan pembeli,” jelas Teddy.
Hal senada disampaikan pemilik Bittersweet by Najla Ala Bisyir. “Penjualan kami di Ramadan bisa naik 200%. maka sangat penting memperbanyak stok produk agar mencukupi permintaan pembeli yang meningkat signifikan di momen besar ini. Kami biasanya memproyeksi kebutuhan stok dari beberapa bulan sebelum Ramadan sekaligus Ramadan tahun sebelumnya,” katanya.
Gabung kampanye khusus Ramadan Ekstra Seru
Menurut Teddy, bergabung dalam kampanye kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia, Ramadan Ekstra Seru, bisa menjadi salah satu strategi meningkatkan penjualan di bulan Ramadan. Penjual bisa menawarkan sederet penawaran menarik, seperti gratis ongkir, flash sale setiap hari, diskon khusus saat live streaming, kejutan voucher setiap hari, dan masih banyak lagi.
Eksposur dan penjualan pelaku usaha terbukti meningkat berkat kampanye Ramadan Ekstra Seru. Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop Akram Amrullah Rajab, mengatakan, berkat ikut kampanye Ramadan Ekstra Seru 2024, penjualan naik 3 kali lipat. Penjualan daging rendang bahkan melonjak 10 kali lipat.
Lakukan live streaming di TikTok
50% responden riset Toluna terinspirasi membeli setelah melihat konten video termasuk live streaming di TikTok. Pada Ramadan 2024, puncak live streaming dengan penonton terbanyak ada di waktu sahur, istirahat, dan setelah berbuka puasa. “Lakukanlah live streaming setiap hari bahkan tingkatkan durasi guna menjangkau lebih banyak pembeli. Sesuaikan juga diskon atau bentuk promosi lain untuk ditawarkan di jam-jam puncak live streaming agar penjualan di bulan Ramadan makin maksimal,” tambah Teddy.
Bittersweet by Najla melalui Ala menambahkan, “Berkat live streaming pada Ramadan 2024, pesanan kami naik 2 kali lipat. Beberapa hal yang kami lakukan untuk mengoptimalkan live streaming adalah menunjukkan proses pembuatan produk. Kami juga menyesuaikan tema dan dekorasi live streaming dengan Ramadan, serta membuat produk khusus seperti hampers yang hanya dijual saat live streaming.”
Buat short video
Frekuensi unggahan konten video pendek (short video) yang makin tinggi bisa meningkatkan jangkauan audiens termasuk saat Ramadan. “Ada tiga pesan yang sebaiknya disampaikan penjual Tokopedia dan ShopTokopedia lewat short video TikTok, yaitu menampilkan keunggulan produk, mengarahkan audiens untuk klik Keranjang Kuning, dan mengajak audiens untuk cek profil toko dan jadwal live streaming,” tutur Teddy.
“Pelaku usaha bisa berkolaborasi dengan kreator konten untuk membuat short video di TikTok yang ditujukan untuk menarik lebih banyak penonton pada saat sesi live streaming berlangsung, atau bekerja sama dengan affiliate content creators untuk membuat short video dengan Keranjang Kuning guna membantu mempromosikan produk kita,” jelas Bittersweet by Najla melalui Ala.
Pakai fitur iklan
Penjual bisa memanfaatkan fitur iklan untuk meningkatkan penjualan di Ramadan. Misalnya, dengan TopAds, toko/produk penjual bisa muncul pada halaman strategis di Tokopedia. Di sisi lain, dengan Shopping Ads, yang mencakup produk Shopping Ads, video Shopping Ads dan live Shopping Ads, toko/produk penjual di ShopTokopedia bisa muncul pada halaman ‘Saran’ atau ‘For You’ pengguna TikTok. Serta GMV Max, yang mencakup Live GMV Max dan Produk GMV Max, untuk mengoptimalkan ROI (return of investment) iklan dari akun ShopTokopedia penjual.
Brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia yang memanfaatkan fitur iklan adalah Kintakun. “Pada Ramadan tahun lalu, kami berpartisipasi dalam kampanye Ramadan Ekstra Seru dengan meluncurkan koleksi khusus dan menggunakan fitur iklan, TopAds dan LIVE Shopping Ads. Hasilnya, pesanan meningkat 108% dibandingkan bulan sebelumnya,” ujar Vincent Saputera Marketing Director Kintakun.
STEVY WIDIA
Discussion about this post