Tokopedia Ekspansi ke Bisnis Logistik dan Agribisnis

(ki-ka) CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan Agus D. W. Martowardojo sebagai Komisaris Utama Tokopedia. (Foto: Tokopedia/youngster.id)

youngster.id - Tokopedia terus memperluas usaha. Kabar terbaru, e-commerce Indonesia ini tengah berinvestasi dalam dua perusahaan logistik untuk mendorong kecepatan pengiriman dan efisiensi ongkos pengiriman di Tanah Air.

Beberapa perusahaan rintisan yang dikabarkan akan bergabung ke dalam ekosistem Tokopedia di antaranya Sayurbox, Laku6, dan AnterAja.

Meski belum menyebut nama startup yang akan diakuisisi, Founder & CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengungkapkan, pihaknya dalam diskusi akhir untuk berinvestasi dalam perusahaan rintisan di bidang agribisnis yang bekerja langsung dengan petani.

“Nantinya pelanggan Tokopedia akan mampu membeli produk langsung dari petani dan nelayan,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/7/2019).

William berharap aksi perusahaannya berinvestasi dalam perusahaan logistik dapat memangkas biaya logistik bagi mitra dagangnya, dan juga meningkatkan proporsi pengiriman paket Tokopedia  pada hari yang sama menjadi 95%, dari posisi saat ini 65% dari total pengiriman.

Didukung dengan investor kakap seperti dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba, Tokopedia berambisi menghadirkan ekosistem super, dengan cakupan layanan yang luas, termasuk pembiayaan dan sistem pebayaran baik bagi pelanggan maupun mitra dagang.

Sebelumnya, Tokopedia  telah mengakuisisi penuh perusahaan penyedia direktori vendor pernikahan Bridestory dan portal aktivitas orangtua-anak Parentstory. 

STEVY WIDIA

Exit mobile version