Tokopedia Rilis Fitur “Live Shopping”

Tokopedia hadirkan fitur aplikasi khusus penjual, Tokopedia Play. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Inovasi menjadi strategi utama di tengah ketatnya persaingan e-commerce di tanah air. Memasuki Ramadan di tengah pandemi, Tokopedia merilis sederet inovasi guna permudah seluruh pengguna. Salah satunya adalah tambahan fitur aplikasi khusus penjual, Tokopedia Play, dan fitur Beli Langsung.

AVP of Product Tokopedia Priscilla Anais mengatakan, bulan Ramadan identik dengan kenaikan lonjakan transaksi, terlebih di tengah pandemi, belanja online menjadi alternatif untuk meminimalisir penyebaran virus. Demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi, perusahaan merilis sederet inovasi untuk menunjang produktivitas para penjual.

“Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play dan kemudahan berbelanja langsung lewat fitur Beli Langsung,” ungkap Priscilla dalam keterangannya, Sabtu (2/5/2020).

Dia mengklaim, kenaikan transaksi selama pandemi Tokopedia cukup eksponensial, baik dari pembelian maupun jumlah penjual yang tergabung. Sebagai gambaran bahwa tahun lalu penjual di Tokopedia sekitar 5 juta, sementara tahun ini sudah 7,8 juta.

Ia memprediksi kenaikan tersebut dipicu banyaknya bisnis yang terpaksa menutup toko fisik dan membatasi operasional karena pandemi. Akhirnya mereka perlahan mengalihkan bisnisnya ke online dari offline.

“Jadi pertumbuhannya eksponensial. Kita mengalami kenaikan penjual baru yang cukup drastis di masa-masa Covid-19. Kebanyakan adalah penjual offline yang migrasi ke online,” katanya.

Dari kategori produk yang banyak dibeli, dijelaskan yang mengalami kenaikan adalah perawatan dan kesehatan pribadi, produk hiburan, dan produk untuk mendukung kerja dan belajar dari rumah.

Diterangkan, dari 7,8 juta penjual yang tergabung, lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi. Mereka memasarkan lebih dari 250 juta produk untuk lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

STEVY WIDIA

Exit mobile version