Trace Together, Aplikasi Pelacak Pasien Positif Corona

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate di WEF 2020. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Penyebaran virus Covid-19 (corona) semakin meluas di Indonesia. Jumlah pasien yang positif sudah menembus 1.046 kasus. Untuk itu pemerintah terus bergerak untuk melakukan antisipasi. Salah satunya dengan menyiapkan aplikasi Trace Together.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan aplikasi Trace Together ini untuk mendukung sirveilance kesehatan yang dilakukan sesuai dengan regulasi bidang kesehatan, kebencanaan, telekomunikasi dan informatika serta bidang terkait lainnya.

“Aplikasi ini bisa terpasang pada smartphone pasien positif Covid-19 untuk memberikan penanganan darurat apabila diperlukan oleh pasien tersebut dan dapat melakukan tracing, tracking dan fencing serta dapat memberikan warning jika melewati lokasi isolasinya,” ujar Johnny Plate dalam keterangan pers, Jumat (27/3/2020) di Jakarta.

Aplikasi ini akan menggunakan data ponsel pengguna untuk memantau dan melacak pergerakan penggunanya. Rencananya aplikasi ini akan tersedia di Google Play Store dan App Store dalam beberapa hari ke depan.

Johnny menambahkan aplikasi ini juga berfungsi untuk memetakan pergerakan pasien selama 14 hari atau saat masa isolasi berlangsung.

“Aplikasi ini juga dapat terhubung dengan operator seluler lainnya untuk menghasilkan visualisasi yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil pelacakan dan penelusuran lewat nomor ponsel ini, pasien dengan kasus Covid-19 yang terdeteksi akan diberikan peringatan dari aplikasi untuk segera menjalankan protokol ODP atau orang dalam pengawasan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version