Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 11,6% Selama NARU 2022/2023

Telkomsel Trafik Layanan Broadband

Uji trafik layanan broadband Telkomsel. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh 11,6% dibanding rerata hari biasa 2022, atau melonjak hingga 13% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Natal dan Tahun Baru (NARU) 2022/2023 tersebut didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial, layanan komunikasi, video streaming, mobile gaming, akses browsing dan layanan e-commerce.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, keberhasilan dalam mengoptimalisasi infrastruktur konektivitas dan layanan digital yang prima ini merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menyongsong fase kehidupan di masa mendatang yang penuh tantangan.

“Memasuki tahun yang baru ini, Telkomsel konsisten untuk terus bergerak maju dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi seluruh masyarakat untuk lebih berdaya, dengan mengoptimalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan teknologi digital yang hadir di setiap aspek kehidupan,” kata Saki dalam keterangan pers, Rabu (4/1/2023).

Saki mengungkapkan, Telkomsel berhasil memberikan kelancaran komunikasi maupun aktivitas digital pelanggan selama momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (NARU 2022/2023) lalu. Selama momen perayaan NARU 2022/2023, terjadi peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 11,6% dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13% jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode NARU 2022/2023 tersebut didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7%, video streaming sekitar 6,1%, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9%, akses browsing yang tumbuh 79,8%, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3%.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9%), TikTok (meningkat 11,3%), Instagram (naik 24,6%), YouTube (turun 0,9%) dan Facebook (naik 6,5%). Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1%.

Menurut Saki, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022/2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa. Seperti di wilayah operasional Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekira 15,7%, Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 41,7%, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 15,3%, Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) naik sekira 15,22%, dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 11,06%.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9%), Jawa Barat (naik 2%), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5%).

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/ virtual.

“Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan. Kami berharap dapat terus melampaui batas dalam menghadirkan beragam solusi inovatif yang akan semakin membuka lebih banyak peluang bagi seluruh masyarakat guna mengoptimalkan beragam potensi kemajuan,” pungkas Saki.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version