Trakindo Goes to Campus, Berbagi Wawasan Siapkan Mahasiswa Berkarier

Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya membuat generator elektroda pembangkit listrik dengan garam dapur. (Foto: Polsri/Youngsters.id)

youngster.id - PT Trakindo Utama (Trakindo) menggelar Trakindo Goes to Campus (TGTC). Melalui kegiatan ini, Trakindo berbagi pengalaman di industri alat berat kepada para mahasiswa dengan memberi gambaran mengenai perubahan-perubahan di sektor industri dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman.

Pada TGTC pertama di tahun 2022, Trakindo bekerjasama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) di Palembang Sumatera Selatan. Tema TGTC kali ini adalah “Membangun Keahlian Teknologi Tenaga Kerja Masa Depan”.

HR Manager Sumatera Area Trakindo Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar  mengatakan, dunia industri saat ini sangat cepat sekali perkembangannya. “Adopsi otomasi teknologi terbaru mengubah lanskap dunia kerja. Perubahan ini membawa berbagai tantangan dan kita perlu mempersiapkan diri dengan baik dengan menyiapkan berbagai keterampilan tambahan sehingga bisa menjadikan tantangan sebagai peluang,” tutur Reni dalam keterangan pers, Senin (13/6/2022).

Pada acara ini, Trakindo berbagi lebih jauh mulai dari kebutuhan hingga keahlian apa saja yang diperlukan, sehingga peluang yang ada karena kemajuan teknologi yang begitu pesat bisa dimanfaatkan dengan optimal. Hal ini diharapkan bisa mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan zaman, serta menambah wawasan mereka.

“Apa yang kita pelajari di bangku pendidikan tinggi dan apa kita pahami di awal karier, bisa sangat berbeda dalam kurun waktu 2 tahun setelahnya. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memiliki keterampilan seperti soft skills untuk mendukung pengetahuan dan keterampilan teknik yang telah kita pelajari sebelumnya,” tutur Reni lagi.

Kegiatan ini diikuti sekitar 526 mahasiswa-mahasiswi dan staf pengajar yang berasal dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro, khususnya Diploma 4 Teknik Sipil Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan, Diploma 4 Program Studi Teknik Elektro, Diploma 4 Teknik Mesin Produksi & Perawatan, Diploma 3 Teknik Sipil, Diploma 3 Teknik Mesin, Diploma 3 Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik, dan Diploma 3 Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektronika, serta dihadiri juga oleh sejumlah staf pengajar Polsri.

“Kolaborasi dengan Polsri ini merupakan perwujudan komitmen Trakindo di bidang pendidikan khususnya pendidikan vokasi dengan memberikan edukasi dan pembekalan kepada mahasiswa. Kegiatan ini diharapkan membuka wawasan mengenai karier dan teknologi di masa depan, serta memotivasi untuk mampu memberikan kontribusi positif untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap Reni.

Branch Head Trakindo Prabumulih Faisal Muhdana, yang juga salah satu alumni Polsri, mengungkapkan pengalamannya mengenai pentingnya memiliki soft skills untuk bertahan dan terus bertumbuh.

“Sektor industri terus berkembang, mulai dari aplikasi teknologi, standar, hingga ekspektasi pelanggan, maka dari itu mahasiswa perlu menumbuhkan sifat adaptif. Dengan mengembangkan soft skills, kemampuan hard skills akan beriringan ikut terus bertumbuh mengikuti perkembangan zaman,” ucap Faisal.

Sebelumnya TGTC pada 2021 dilakukan di Surabaya, Makassar, dan Batam.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version