Transaksi Dilayani Tokopedia Naik 2,5 Kali Lipat Sepanjang 2022

Dilayani Tokopedia

Gudang pintar Dilayani Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sepanjang 2022, animo masyarakat menggunakan aplikasi belanja online melalui e-commerce Tokopedia masih tinggi. Untuk itu, Tokopedia terus menghadirkan sederet inovasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan melalui aplikasi belanja online, Tokopedia terus mengencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal didukung teknologi geo-tagging, antara lain Dilayani Tokopedia dan Tokopedia NOW!. Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat.

“Kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi terpopuler sepanjang 2022. Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo,” jelas Ekhel Chandra Wijaya Head of External Communications Tokopedia dalam keterangan pers, Selasa (10/1/2023).

Menurut Ekhel, produk seperti popok anak, sembako dan detergen adalah paling banyak dibeli lewat Dilayani Tokopedia. “Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” katanya.

Di sisi lain, beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW! (layanan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam). “Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat,”ungkap Ekhel lagi.

Masyarakat juga terus memanfaatkan berbagai produk atau layanan di Tokopedia untuk memenuhi beragam kebutuhan lain, salah satunya membayar pajak. Sepanjang 2022, Penerimaan Negara, PBB dan E-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.

“Kami juga melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan pun terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat,” jelas Ekhel.

Selain itu, Tokopedia menghadirkan inovasi–yang sesuai dengan kebutuhan di era social-commerce dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya–yaitu kanal streaming video Tokopedia Play. “Pada 2022, kami mencatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat,” ujar Ekhel.

Ada pula Tokopedia Affiliate untuk mempermudah siapa pun memperoleh pendapatan dengan cara merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial, serta memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha. Tokopedia mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat.

Agar semakin meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi belanja online, Tokopedia menghadirkan fitur Dark mode yang membuat tampilan aplikasi lebih nyaman saat digunakan di tempat yang minim cahaya. Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Shared Shopping untuk pengguna iOS untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.

Tak hanya itu, Tokopedia berkolaborasi dengan BRI menghadirkan layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022. Kemudian pada Agustus 2022, Tokopedia juga menghadirkan layanan berlangganan PLUS by GoTo yang memberikan berbagai keuntungan, seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version