Transaksi E-Commerce Indonesia Terbesar di Asean

Forum e-Commerce Indonesia 2019. (Foto: istimewa)

youngster.id - Transaksi e-commerce Indonesia pada 2020 mencapai US$ 32 miliar. Nilai ini menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Indonesia bahkan disebut sebagai negara dengan sistem e-commerce paling maju di Asean.

Hal ini mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia memasuki integrasi perdagangan melalui sistem elektronik di kawasan Asean. Salah satunya dengan menyelenggarakan diskusi kelompok terarah (focus group discussion) dengan tema Integrasi E-Commerce oleh UMKM di Tangerang, Banten.

“Itu sebabnya, Indonesia mendukung upaya integrasi niaga elektronik/niaga-el (e-commerce) di Asean, mengingat potensi pasar industri niaga-el di Indonesia memiliki peluang besar untuk dikembangkan,” kata Didi Sumedi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam keterangan resmi, Senin (4/4/2021).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Asean Agreement on E-Commerce dan salah satu bentuk kerja sama antara Kemendag, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan, Asean-Business Advisory Council (ABAC) Indonesia, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi), serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Direktur Perundingan Asean Kemendag Antonius Yudi Triantoro mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan manfaat dan peluang Asean Agreement on E-Commerce, meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, serta meningkatkan peran UMKM dalam era ekonomi digital melalui niaga-el,” ungkap Yudi.

Selain itu, Kemendag mendorong keikutsertaan para pelaku UMKM dalam kegiatan Asean Online Sale Day (AOSD) 2021, sebagai upaya promosi niaga-el di kawasan Asean yang akan berlangsung pada 8 Agustus 2021, bertepatan dengan peringatan hari lahir Asean.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang terdiri atas para pelaku UMKM yang menghasilkan berbagai jenis produk dan mendapatkan sambutan positif, khususnya dalam upaya mentransformasi perdagangan secara digital bagi para pelaku UMKM di Indonesia dalam menembus pasar Asean.

Chairman Asean-BAC Indonesia Bernardino Vega menyampaikan, Asean-BAC Indonesia sangat menyambut baik upaya Kemendag mendukung pelaku UMKM di Indonesia meningkatkan transaksi penjualan melalui platform digital khususnya ke kawasan Asean. Asean-BAC bersama Kadin Indonesia juga menyampaikan kesiapannya mendukung penuh para pelaku UMKM agar dapat berpartisipasi aktif dalam transaksi melalui niaga-el di kawasan Asia Tenggara.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version