Transaksi e-Commerce Naik Selama Piala Dunia 2018

Indra Yonathan, Country General Manager Shopback Indonesia memaparkan hasil survey konsumen online. (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

youngster.id - Perhelatan Piala Dunia 2018 tidak saja meriah tetapi juga memberi dampak pada transaksi e-commerce. Bahkan di Indonesia dalam kurun waktu enam hari penyelenggaraan Piala Dunia, terjadi peningkatan sekitar 20%-80% pada trafik kunjungan dan pageviews di enam e-commerce terbesar di Indonesia.

Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, biasanya seusai momen Ramadan, transaksi e-commerce cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Namun tidak demikian dengan tahun ini, jumlah transaksi di platform e-commerce rata-rata naik 25%.
“Ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat, serta momen Piala Dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo,” kata Yonathan dalam keterangannya, Senin (23/7/2018) di Jakarta.

Keenam e-commerce tersebut antara lain adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID. Ada beberapa produk yang mengalami peningkatan signifikan, yakni fashion, pulsa, travel, mobile atau gadget, dan makanan. Lebih lanjut Indra menyebut, makanan dan pulsa mengalami peningkatan tidak biasa.

Baca juga :   Universitas Telkom Raih Akreditasi A

“Kenaikan ini bisa saja terjadi karena pengaruh Piala Dunia, di mana masyarakat membutuhkan pulsa atau paket data untuk melakukan streaming negara favorit mereka atau berinteraksi di sosial media untuk menyemarakan euforia Piala Dunia,” ujarnya.

Sementara, untuk produk fashion, pencarian jersey bola cukup tinggi di berbagai platform e-commerce. Demikian berdasarkan data dari Alexa.com, 19,31% share voice keyword “jersey bola” di Indonesia ada di Tokopedia. Sisanya muncul di berbagai platform e-commerce lainnya seperti Lazada (13,05%), Bukalapak (12,9%), JD.ID (7,53%), dan Blibli.com (5,43%).

Tidak hanya kenaikan trafik, nilai transaksi pun meningkat hingga 27% selama satu bulan Piala Dunia 2018.
Shopback kini punya lebih dari 100 mitra e-commerce di Indonesia dengan lebih dari 2 juta pengguna yang aktif melakukan transaksi.

STEVY WIDIA