Transformasi Bisnis Digital Bakal Model Bisnis Baru

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Menurut penelitian yang dilakukakan Capgemini, perusahaan yang melakukan transformasi digital akan memperoleh peningkatan sebesar 9% untuk pendapatan, 26% profit dan 12% dalam penilaian pasar terhadap perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu digitalisasi bisnis penting bagi pertumbuhan usaha.

“Digitalisasi bisnis telah menjadi faktor esensial di balik pertumbuhan bisnis dan IDC memprediksi 60% pemimpin perusahaan (CEO) di kawasan Asia Pasifik akan menempatkan transformasi digital sebagai strategi utama perusahaan pada 2017,” ungkap Rachmat Gunawan, Direktur CTI Group.

Menurut Rachmat, keuntungan yang dapat dperoleh bagi perusahaan jika dapat menerapkan transformasi digital adalah akan terjadi transformasi bisnis, sehingga dapat menemukan new business model. Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan pengalaman baru bagi para konsumennya.

Demi mendorong hal itu CTI Group akan kembali menggelar event tahunan seminar dan pameran infrastruktur TI terbesar di Indonesia. Dengan tema Digital Transformation: Digitizing Your Business to Discover New Market Opportunities, acara ini akan diselenggarakan pada 3 Maret 2016 di Hotel Ritz Carlton-Pacific Place, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan berbagai solusi TI terkini dan sharing best practice untuk membantu perusahaan-perusahaan mengakselerasi transformasi bisnis dari ranah tradisional ke arah digital. Acara ini juga diperuntukkan kepada petinggi perusahaan di luar divisi TI seperti CMO, CFO, COO dan lainnya yang juga akan terlibat aktif dalam mewujudkan transformasi digital di perusahaan.

“Kita melihat bahwa Digital Transformation bukan hanya menjadi isu utama para CIO saja, tetapi menjadi keharusan strategi bisnis dari CEO dan CIO. Transformasi digital ini bukan hanya konsen untuk It tapi juga semua lini dari bisnis di segala industri,” lanjutnya.

Menurut Rachmat, keberhasilan transformasi digital terletak pada faktor people. Namun baginya tidak hanya di situ, kesuksesan transformasi digital terletak pada teknologi digital itu sendiri. Dalam hal ini ada 4 hal yang harus dapat diintegrasikan dengan baik, yaitu social, mobile, data analytics dan cloud sehingga dapat menjadi sebuah layanan yang dapat mengubah proses bisnis maupun cara kerja.

“Kami menyadari kebutuhan tersebut dan terus melakukan inovasi pada solusi dan layanan TI yang kami hadirkan. Hitachi Data Systems tengah fokus membantu para end-consumer meningkatkan kepuasan pelanggan mereka melakui teknologi analitik yang mengolah data digital untuk membantu manajemen mendapatkan wawasan bisnis dan meningkatkan layanan. Kami juga siap mendukung implementasi smart city di Indonesia melalui solusi Inovasi Sosial,” ujar Suresh Nair, Managing Director Hitachi Data Systems Indonesa (HDS Indonesia).

Acara yang akan digelar pada bulan depan ini tidak hanya diisi dengan seminar dan pameran. Pada acara ini juga akan diumumkan pemenang iCIO Awards 2016 yang sebelumnya sudah melalui beberapa tahapan seleksi. Akan diumumkan tiga orang pemenang dengan kategori “The Most Intelligent CIO”, “The Most Innovative CIO”, dan “The Most Influential CIO”.

 

ANGGIE AJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA