Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tren Aplikasi Populer di Indonesia Selama Ramadan

27 April 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
SHAREit App

Cara SHAREit Menangkap Prospek Tingginya Industri Gim Seluler di Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berdasarkan laporan SHAREit bertajuk “Plan an Impactful Ramadan 2022”, terdapat sembilan aplikasi yang paling banyak dibagikan melalui platform SHAREit, khususnya di Indonesia.

Kesembilan aplikasi yang paling banyak dibagikan itu adalah: aplikasi keuangan (fintech), buku dan referensi, portal berita dan majalah, aplikasi hiburan olahraga, resep makanan, aplikasi kesehatan, kebugaran (health & fitness), aplikasi chatting, dan event.

Penggunaan aplikasi tersebut terbagi ke dalam empat fase di bulan Ramadan, yaitu fase seminggu sebelum Ramadan, fase minggu 1-2 Ramadan, fase minggu 3-4 Ramadan, dan fase terakhir, seminggu setelah Ramadan. Masing-masing fase menunjukkan perbedaan kebutuhan konsumen yang mempengaruhi kebiasaan dalam menggunakan aplikasi tertentu.

Berdasarkan hasil riset SHAREit, salah satu aplikasi yang paling banyak dibagikan selama bulan Ramadan yaitu aplikasi keuangan (fintech) sebesar 25% dan memuncak hingga 43% pada fase ketiga Ramadan. Hal ini disebabkan adanya lonjakan belanja dari minggu pertama hingga lebaran, serta tingginya pengajuan pinjaman untuk membiayai kebutuhan acara dan liburan menjelang Hari Raya.

Baca juga :   Tren “Berbagi” Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Digital di Asia

Selain itu, aplikasi event juga meningkat signifikan sebesar 55% selama Ramadan, memuncak pada fase keempat dengan peningkatan 80%. Ini adalah hasil dari tren pasca-Ramadan di mana sebagian besar publik merencanakan pertemuan dengan orang-orang terdekat untuk merayakan Idul Fitri bersama dan menggunakan aplikasi event untuk mencari referensi tempat

Sementara itu, aplikasi buku dan referensi juga meningkat sebesar 43% selama Ramadan dan mencapai puncaknya pada 67% pada fase kedua. Hal ini karena pada awal-awal fase Ramadan, masyarakat cenderung menggunakan waktu luang untuk membaca buku dan mencari referensi bacaan yang berkaitan dengan momen Ramadan.

Selain dilihat dari perilaku konsumen selama bulan Ramadan penuh, riset ini juga menunjukkan aplikasi yang banyak dibagikan pada fase tertentu, diantaranya adalah aplikasi berita dan majalah yang meningkat 43% pada fase pertama, karena adanya kebutuhan untuk mengetahui berita terbaru berkaitan dengan momentum Ramadan, serta berita-berita lainnya yang berkaitan dengan kebijakan yang diambil Pemerintah, khususnya menjelang Hari Raya.

Baca juga :   ShareIT Siapkan Tren Berbagi Game Mobile Tanpa Paket Data

Aplikasi Olahraga juga mengalami lonjakan pada fase pertama Ramadan, yaitu sebesar 55% dan semakin meningkat pada fase kedua yang menyentuh 69%. Hal ini karena tidak sedikit masyarakat yang menghabiskan waktu luang untuk menonton acara olahraga selama bulan Ramadan. Begitupun dengan aplikasi medis yang meningkat sebesar 25% pada fase pertama dan mencapai puncaknya pada fase ketiga yaitu 36%. Dalam hal ini, aplikasi tersebut banyak digunakan oleh publik untuk membuat rencana makan, jadwal sahur dan buka puasa, serta memastikan ibadah puasa berjalan dengan lancar dengan kondisi yang sehat.

Sementara itu, pada fase kedua, aplikasi makanan meningkat sebesar 29% karena tingginya animo masyarakat mencari inspirasi menemukan resep baru untuk sahur dan buka puasa. Aplikasi kesehatan dan kebugaran juga mengalami peningkatan 32% di fase ketiga akibat dorongan untuk tetap bisa melakukan olahraga dengan porsi yang sesuai selama bulan puasa. Dan yang terakhir, aplikasi komunikasi meningkat 26% pada fase keempat, yang biasanya digunakan publik untuk membagikan momen favorit mereka seperti foto atau video dari waktu yang dihabiskan bersama orang terdekat.

Baca juga :   XL Permudah Masyarakat Beralih ke Jaringan 4G

”Bulan Suci Ramadan menjadi momen peningkatan penggunaan berbagai aplikasi karena setiap individu ingin mencari yang terbaik untuk mempersiapkan kebutuhan Hari Raya dengan kerabat, teman, dan keluarga mereka. Ini juga menjadi peluang bagi merek untuk memenangkan persaingan pasar dengan mengikuti fase yang biasa terjadi di Bulan Ramadan. Dengan memahami kebiasaan konsumen selama Ramadan, setiap merek dapat meraih pasar lebih tepat sasaran. Hal ini juga tentunya sejalan dengan tingginya potensi permintaan yang cukup tinggi di bulan Ramadan,” ujar Aat Pangestu Hadi, Country Sales Director of SHAREit Group, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (27/4/2022). (*AMBS)

Tags: aplikasi populer.aplikasi paling sering dibagikanShareit
Previous Post

GoSend dan PMI Jalin Kerja Sama Untuk Pengiriman Kantong Darah

Next Post

Difansa Rachmani : Jeli Membidik Ceruk Pasar Makanan Untuk Mereka Yang Berkebutuhan Khusus

Related Posts

Game mobile
News

Kini Bisa Main Game Di SHAREit Tanpa Harus Unduh Aplikasi Tambahan

7 Juli 2022
0
SHAREit App
News

Tren “Berbagi” Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Digital di Asia

21 Januari 2022
0
shareit
News

SHAREit, Aplikasi Keempat yang Paling Banyak Diunduh di Indonesia

17 Januari 2022
0
Load More
Next Post
Difansa Rachmani

Difansa Rachmani : Jeli Membidik Ceruk Pasar Makanan Untuk Mereka Yang Berkebutuhan Khusus

Shopee Big Sale Ramadan 2022

Lebih Dari 350 Juta Voucher Telah Di Klaim Pengguna Shopee Big Ramadan Sale 2022

PKL Samsung In-Store

Samsung Tech Institute Fasilitasi 412 Siswa SMK Praktek Kerja Lapangan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version