Tren Belanja Online Selama Ramadhan dan Lebaran 2023

Tokopedia Tren Ramadan 2023

Pemilik Usaha Universa Sajadah Renato Akbar, Founder Bruule Sarila Danubrata dan Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 dimanfaatkan para pelaku usaha khususnya UMKM lokal untuk mendongkrak penjualan. Peluang bisnis online melalui marketplace menjadi pilihan dalam memperluas pasar. Barang apa saja yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia di momen ini ?

Tokopedia sebagai marketplace yang gencar dengan program Hyperlocal mengungkapkan perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023.

“Temuan ini sejalan dengan kondisi dimana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya Head of Corporate Affairs Tokopedia, dalam jumpa pers, Selasa (9/5/2023) di Jakarta.

Dia memaparkan, produk beras, mie instan dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di Tokopedia NOW! sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023. Pasalnya, lewat layanan ini mempermudah masyarakat–untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa–dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkir.

Sedang pada kategori Fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

“Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” papar Ekhel.

Menariknya, jarak terjauh untuk pengiriman parsel melalui Tokopedia pada periode Ramadan-Lebaran 2023 ini adalah dari Jakarta ke Jayapura (lebih dari 3.500 km). Menurut Ekhel, keberhasilan atau kelancaran pengiriman tersebut dan seluruh pengiriman lainnya, pada peak season seperti Ramadan dan Lebaran, terjadi berkat kolaborasi Tokopedia bersama lebih dari 14 mitra logistik terhubung, maka kami sangat mengapresiasi hal ini.

Selain itu, Tokopedia inisiatif Hyperlocal. Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Inisiatif ini terdiri dari berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan Dilayani Tokopedia.

Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki.

“Ramadhan menjadi momen yang membawa berkah bagi kami sehingga bisa menggandeng lebih banyak tenaga kerja lepas untuk mengatasi lonjakan pesanan. Kami bisa meraup omzet ratusan juta setiap Ramadhan lewat Tokopedia. Selain itu, berkat kampanye Tokopedia Ramadan in Style tahun ini, penjualan kami naik lebih dari 5x lipat dibandingkan bulan biasanya,” ungkap Renato Akbar pemilik produk Universa Sajadah.

Hal senada juga disampaikan Sarila Danubrata founder usaha F&B Bruule. “Berkat banyak kampanye yang kami ikuti di Tokopedia, berbagai cabang toko online Bruule di Tokopedia–yang tersebar di Jakarta dan Bandung–mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 4 kali lipat selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan biasanya,” kata Sarila.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version