youngster.id - Pandemi Covid-19 mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif dalam mengisi waktu luang selama lebih banyak di rumah. Salah satunya menggeluti beragam hobi serta kegiatan baru demi meningkatkan produktivitas.
Ekhel Chandra Wijaya External Communications Senior Lead Tokopedia mengungkapkan sejumlah temuan menarik berkaitan dengan tren hobi selama 2020 yang dapat menginspirasi masyarakat dalam mengisi waktu luang di tahun ini.
“Hobi yang paling diminati di 2020 adalah olahraga. Berdasarkan pembelian di Tokopedia, bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal menjadi olahraga yang digemari masyarakat selama 2020.
“Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Sports & Hobbies di Tokopedia menjadi hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan 2019,” kata Ekhel dalam keterangannya, Sabtu (23/1/2021).
Hobi yang juga meningkat adalah membaca buku. Menurut Ekhel, buku tentang religi, pengembangan diri, novel dan sastra serta buku remaja dan anak masih menjadi beberapa kategori buku yang paling populer di Tokopedia selama 2020. “Transaksi pada subkategori Buku juga mengalami peningkatan hampir 2x lipat,” ujarnya.
Hobi yang tren adalah berkebun. Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada subkategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019.
Kemudian hobi melukis. Tingginya minat masyarakat terhadap hobi melukis ini terlihat dari kenaikan penjualan yang signifikan pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020.
“Hobi melukis juga mulai ditekuni salah satu personil BTS, Suga, selama pandemi. Bahkan Suga pernah melukis secara live lewat akun Youtube BTS yang disaksikan oleh jutaan fansnya,” ujar Ekhel.
Hobi memasak pun terus digemari masyarakat di tengah pandemi. Hal ini terlihat pada penjualan kategori Home & Living di Tokopedia yang meningkat lebih dari 2x lipat selama 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
“Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian bahkan menciptakan peluang dengan hobi baru yang muncul selama pandemi. Salah satunya melalui kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan,” pungkas Ekhel.
STEVY WIDIA
Discussion about this post