youngster.id - Wisatawan Indonesia menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi dalam melakukan perjalanan di kawasan Asia. Agoda merilis laporan Travel Outlook 2026 yang menunjukkan tren perjalanan keluarga Indonesia untuk liburan akhir tahun 2025.
Senior Country Director Agoda untuk Indonesia Gede Gunawan mengungkapkan, berdasarkan data pencarian akomodasi di platform Agoda, Yogyakarta naik ke peringkat pertama dan menggantikan Bali sebagai tujuan utama liburan akhir tahun bersama keluarga. Minat terhadap kota ini meningkat 29% dibandingkan tahun lalu, didorong oleh kombinasi situs budaya, aktivitas edukatif, serta beragam pilihan rekreasi.
“Laporan Travel Outlook 2026 kami menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia merencanakan perjalanan paling banyak, memiliki durasi menginap paling lama, dan paling cenderung bepergian bersama keluarga. Perjalanan kini bukan sekadar mengunjungi destinasi, tetapi juga menciptakan kenangan bersama di tempat-tempat seperti Yogyakarta dan Bandung yang semakin diminati menjelang akhir tahun, ” katanya dikutip Rabu (17/12/2025).
Gunawan menjelaskan, berdasarkan data pencarian akomodasi di platform Agoda, Yogyakarta naik ke peringkat pertama dan menggantikan Bali sebagai tujuan utama liburan akhir tahun bersama keluarga. Minat terhadap kota ini meningkat 29% dibandingkan tahun lalu, didorong oleh kombinasi situs budaya, aktivitas edukatif, serta beragam pilihan rekreasi.
Meski demikian, Bali berada di posisi kedua dan tetap menjadi pilihan bagi keluarga yang mencari liburan pantai. Sedang Bandung menempati peringkat ketiga dengan kenaikan pencarian sebesar 22%, menarik perhatian berkat iklim yang sejuk, ragam pilihan kuliner, serta aktivitas luar ruang yang ramah keluarga.
Sementara itu, Jakarta berada di peringkat keempat dan masih menjadi opsi yang relevan dengan berbagai atraksi perkotaan, termasuk pusat edukasi dan museum interaktif. Di posisi kelima, Malang mempertahankan daya tariknya melalui perpaduan taman rekreasi dan landskap alam, memberikan alternatif destinasi liburan bagi keluarga.
Sementara itu, Gunawan juga mengatakan, untuk perjalanan internasional selama periode liburan akhir tahun, Singapura menempati posisi teratas di kalangan wisatawan keluarga Indonesia.
Destinasi ini diminati karena menawarkan beragam aktivitas ramah keluarga yang mudah dijangkau. Tokyo, yang berada di posisi pertama tahun lalu, kini berada di peringkat kedua, didukung oleh perpaduan pengalaman budaya dan atraksi modern seperti Tokyo Disneyland. Kuala Lumpur berada di posisi ketiga, menarik minat berkat tata letak kota yang relatif mudah diakses serta pilihan aktivitas yang sesuai untuk keluarga.
“Secara internasional, meningkatnya ketertarikan pada kota-kota seperti Singapura dan Shanghai mencerminkan keinginan untuk menjelajahi pengalaman yang beragam. Di Agoda, kami berfokus untuk membuat perencanaan perjalanan menjadi lebih mudah dan terjangkau, sehingga keluarga dapat lebih menikmati waktu liburan bersama,” pungkas Gunawan.
STEVY WIDIA



















Discussion about this post