Senin, 15 Agustus 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Tren Pengguna THR: Mayoritas Memilih Menabung

4 Juni 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Belanja Ramadan Melalui Aplikasi Mobile Meningkat Pesat

Belanja selama Ramadan melalui aplikasi mobile di Indonesia meningkat pesat dibandingkan Malaysia dan Singapura (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Ternyata pengunaan tunjangan hari raya (THR) tak selalu dihabiskan dalam sekejap. Riset terbaru Snapcart mendapati bahwa mayoritas responden memilih untuk menambung uang mereka. Selain itu ada sejumlah tren lain dari survei berlangsung pada 16 hingga 23 April 2019.

Dalam menyusun riset ini, Snapcart melakukan survei pada seribu responden dari berbagai kategori usia dan jenis kelamin. Mayoritas responden berasal dari Jabodetabek sebesar 53,8%

Meski momen penerimaan THR identik dengan minat belanja yang melonjak, namun survei Snapcart menunjukkan bahwa 65% responden memilih untuk menabung uang yang mereka terima. Sementara kegiatan membelanjakan uang THR justru berada di posisi dua, dengan persentase enam puluh persen.

Baca juga :   APJII Bersiap Gunakan Big Data di 2018

Selain dua hal itu, ada juga beberapa kegiatan lain yang menjadi pilihan responden setelah menerima THR. Yakni zakat dan sedekah (45%), investasi (35%), dan membeli tiket mudik (24%).

Selain itu, dari 60% responden yang memilih untuk membelanjakan uang THR, 91% memilih untuk belanja lewat e-commerce. Sementara mereka yang memilih mengunjungi toko fisik sebesar 56%, dan yang berbelanja lewat online shop di Instagram sebesar 17%.

Survei tersebut juga menjelaskan alasan orang lebih memilih belanja lewat e-commerce. Di antaranya karena ada banyak promosi, gratis ongkos kirim, harga relatif lebih murah, dan pilihan produk lebih banyak.

Sementara itu survei juga mendapati di antara para pemain e-commerce di Indonesia, 57% responden dalam survei Snapcart memilih Shopee sebagai marketplace online pilihan. Tokopedia sebagai e-commerce unicorn lokal justru berada di posisi kedua dengan 19%. Disusul Lazada dan Bukalapak.

Baca juga :   Mayoritas Pekerja Inginkan Bekerja Secara Hibrida

Dalam hal kategori barang yang dibeli, ada perbedaan antara responden perempuan dan laki-laki. Perempuan dan ibu rumah tangga lebih tertarik membelanjakan THR untuk membeli baju, tas, sepatu dan aksesori.

Sementara laki-laki lebih tertarik untuk membeli produk digital, gawai, atau peralatan olahraga dan hobi. Selain itu, kategori bahan-bahan makanan dan perlengkapan anak juga cukup diminati selama bulan Ramadan.

Tren positif perkembangan e-commerce juga nampak pada survei Snapcart ini. Tahun ini, jumlah pembelanjaan THR melalui e-commerce ini meningkat delapan persen di banding hasil riset yang sama pada Ramadan tahun lalu, yang baru mencapai 83%.

Diperkirakan peningkatan ini terjadi karena rasa percaya responden yang semakin tinggi pada e-commerce, serta alternatif metode pembayaran yang kini semakin beragam dan mudah.

Baca juga :   M. Alfatih Timur : Mengubah Ragam Potensi Jadi Karya

Menyambut kehadiran Ramadan dan hari raya Lebaran, banyak e-commerce memberikan tambahan item (bonus) ataupun paket spesial bagi para pelanggannya. Sayang, berdasarkan hasil survei Snapcart, kedua bentuk promosi tersebut justru kurang menarik.

Para responden justru menyukai bentuk promosi yang konvensional saat membelanjakan uang mereka. Diskon atau potongan harga menjadi yang paling dicari dengan persentase 29%. Setelahnya, ada cashback (19%), flash sale (18%), dan gratis biaya kirim (16%).

STEVY WIDIA

Tags: survei

Related Posts

Zoomcar x OTO
News

Zoomcar dan OTO Jalin Kemitraan untuk Platform Berbagi Mobil di Indonesia

15 Agustus 2022
0
UMKM Digital
Headline

Transformasi Digital Sebagai Kunci Bisnis Naik Kelas

15 Agustus 2022
0
Briefer x LSPR
News

BRIEFER Gandeng LSPR Perkuat Layanan Jasa Konsultansi Komunikasi Digital

15 Agustus 2022
0
Load More

Berita Terbaru

Zoomcar x OTO

Zoomcar dan OTO Jalin Kemitraan untuk Platform Berbagi Mobil di Indonesia

15 Agustus 2022
0
UMKM Digital

Transformasi Digital Sebagai Kunci Bisnis Naik Kelas

15 Agustus 2022
0
KCON

Kolaborasi Telkom Indonesia dan CJ ENM Saksikan Konser Kpop Internasional KCON 2022 LA di UseeTV Go

15 Agustus 2022
0
Briefer x LSPR

BRIEFER Gandeng LSPR Perkuat Layanan Jasa Konsultansi Komunikasi Digital

15 Agustus 2022
0
PPoslog x Volta-MCAS Group

PT Pos Logistik Indonesia Gandeng Volta-MCAS Group Untuk Dukung Transformasi Energi Bersih

15 Agustus 2022
0
Investree Regional

Dorong Kemandirian Ekonomi di Asia Tenggara, Investree Maksimalkan Sinergi dengan Regional

15 Agustus 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version