youngster.id - Menutup tahun 2023, airasia MOVE (sebelumnya dikenal sebagai airasia Superapp) merangkum sejumlah tren wisatawan lintas Asia Tenggara, dimana pertimbangan harga menjadi faktor krusial yang menentukan preferensi dan loyalitas pengguna aplikasi.
Chief Executive Officer airasia MOVE, Nadia Omer mengatakan, tren wisatawan yang diamati sepanjang tahun selaras dengan komitmen airasia MOVE untuk menciptakan ekosistem perjalanan yang inklusif dan terjangkau bagi siapapun.
“Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna setia yang telah mengiringi perjalanan airasia MOVE selama ini. Dengan memahami perilaku pengguna, kami semakin terdorong untuk terus berinovasi dan menyempurnakan airasia MOVE di tahun mendatang. Menciptakan komunitas yang dapat meningkatkan pengalaman perjalanan pengguna di dalam satu platform praktis, sembari menawarkan nilai terbaik yang dapat dinikmati oleh setiap orang,” kata Nadia, Senin (11/12/2023).
Berdasarkan perilaku transaksi pengguna airasia MOVE, tanggal menuju gajian atau pekan terakhir di setiap bulan merupakan periode puncak pembelian tiket pesawat dari seluruh maskapai yang tersedia di dalam aplikasi.
Selama tahun 2023, airasia MOVE mencatat jumlah pemesanan tiket pesawat tertinggi pada sejumlah destinasi negara tetangga, seperti Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu (Malaysia), Bangkok dan Chiang Mai (Thailand), serta Manila (Filipina). Setidaknya, terdapat lebih dari 30% pengguna aplikasi yang mencari penerbangan menuju rute tersebut.
Saat ini, aplikasi airasia MOVE menawarkan penerbangan dari AirAsia, juga 700 maskapai global lainnya, seperti Turkish Airlines, Etihad, ANA, KLM, Air Arabia, Air New Zealand, Citilink, Bangkok Airways, Royal Brunei, Vietnam Airlines, Jeju Air, dan masih banyak lagi.
Sementara itu, 74% pengguna airasia MOVE memilih akomodasi dengan kisaran harga Rp800 ribu hingga Rp1,3 juta. Sejumlah nama hotel yang menjadi pilihan utama para pengguna lintas Asia Tenggara, antara lain Resorts World Group, Ibis, dan Fave hotel. Menariknya, mayoritas pemesanan hotel dilakukan sekitar 30 hari sebelum kedatangan, sementara pemesanan tiket pesawat dilakukan jauh sebelumnya.
Di samping promo, pengguna airasia MOVE juga kerap memanfaatkan keuntungan dari program loyalitas airasia rewards untuk berhemat. Hal ini tampak pada jumlah anggota airasia yang meningkat lebih dari 40% pada tahun 2023 dibandingkan 2022. Berdasarkan akumulasi selama setahun, sebanyak 2,3 miliar airasia points telah ditukarkan untuk bertransaksi di seluruh ekosistem airasia MOVE.
“Fakta ini telah menegaskan kembali posisi kami sebagai platform OTA+ yang selalu mengedepankan harga terbaik bagi para pengguna. Total 2,3 miliar airasia points yang ditukarkan setara dengan 106 ribu tiket penerbangan Jakarta – Penang pada periode promo Final Call. Kami berharap dapat memberikan pengalaman yang semakin mengesankan untuk pengumpulan dan penukaran airasia points di tahun mendatang,” tutup Nadia.
HENNI S.
Discussion about this post