UI Rangkul Industri Kembangkan Kewirausahaan di Kampus

Universitas Indonesia, Kemenristek Dikti dan USAID siapkan program smart city. (Foto: UI/Youngster.id)

youngster.id - Perguruan tinggi mulai mengembangkan berbagai program untuk meningkatkan kewirausahaan di kampus. Salah satunya adalah Universitas Indonesia (UI) yang melakukan nota kesepahaman bersama dengan kalangan industri untuk mendukung pengembangan kewirausahan di kampus tersebut.

Wakil Rektor Universitas Indonesia bidang Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama Dedi Priadi mengatakan, sebagai perguruan tinggi, pihaknya berkewajiban mengembangkan dan memberikan fasilitasi berupa sarana dan prasarana juga berbagai program untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, juga akses pendanaan.

“Sekarang ini, permasalahan di masyarakat semakin kompleks. Lewat kegiatan ini diharapkan bisa tercipta cara menyelesaikan masalah tersebut. Karena itu, salah satu tujuan acara ini adalah mendorong terciptanya startup yang lebih bagus dalam pengabdian kepada masyarakat,” kata Dedi dalam keterangan resmi baru-baru ini.

Menurut dia, UI telah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama antara UI dengan PT Bursa Efek Indonesia, PT Mandiri Capital Indonesia, Kejora Ventures, PT Integritas Training Idea, PT Investasi Inovasi Indonesia dan GK – Plug and Play.

Baca juga :   Indonesia Miliki Potensi Lahirkan Unicorn Fintech

Selain itu, MoU juga dilakukan UI dengan PT Mandiri Capital Indonesia dan UI dengan PT Suitmedia Kreasi Indonesia mengenai Program Pembinaan Kewirausahaan. Kewirausahaan didorong terus bertumbuh dititikberatkan pada penciptaan start up yang berdampak bagi lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan.

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha UI Nia Noerhadi mengatakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan semangat kewirausahaan di lingkungan civitas akademika UI.

Dia berharap kerja sama tersebut dapat terus ditingkatkan di tataran praktis untuk membantu penciptaan sociopreneur di lingkungan UI.
“Sociopreneur bisa diibaratkan memberikan kail kepada masyarakat bukan sekedar ikan, sehingga masyarakat yang nantinya bisa memaksimalkan untuk meningkatkan pendapatannya,” katanya.

Menurutnya selama ini bidang kewirausahaan terus digodok untuk mendorong terciptanya start up di lingkungan kampus guna membantu menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat secara luas, baik secara sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“Kedepannya UI akan terus selalu berupaya untuk mengembangkan kewirausahaan dengan memberikan sarana pendampingan dan pembekalan untuk para start up dengan berkolaborasi dengan industri dan berbagai pihak terkait. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.

Baca juga :   Teradata Vantage, Menganalisa Semua Data Kapan Saja

STEVY WIDIA