Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

UKM Indonesia Belum Kenal Strategi Pemasaran Online

20 Desember 2016
in News
Reading Time: 1 min read
Bayar Pajak “e-Billing” Diterapkan 1 Juli 2016

UKM perlu mengenal strategi pemasaran online. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Jumlah usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia yang mengadopsi pemasaran secara online masih minim. Baru 10 persen dari kisaran 60 juta UKM yang sudah memasarkan produk secara online.

Product Marketing Manager SMB Google Indonesia, Fida Heyder mengatakan, survey firma bisnis Deloitte pada 437 UKM menunjukkan, UKM daring dapat menghasilkan pendapatan 80% lebih tinggi dibandingkan pelaku konvensional. Selain itu, terdapat potensi kesempatan kerja 1,5 kali lebih besar.

“Namun di Indonesia, baru 10 persen dari kisaran 60 juta UKM yang sudah memasarkan produk secara online. Padahal pertumbuhan internet di Indonesia termasuk paling tinggi di dunia. Pada 2015 baru 92 juta orang yang mengakses internet, dan tahun 2020 diperkirakan 215 juta netizen,” katanya di Bandung, beberapa waktu lalu.

Baca juga :   Ini Strategi Raih Pendanaan Bagi Startup

Menurut dia, data lanjutan Google Indonesia menunjukkan, hampir 43 % pengakses internet menggunakan smartphone disusul desktop (15 %) dan tablet (4 %). Jumlah pembeli daring pada 2015 lalu diperkirakan masih 18 juta orang.

Fida mengatakan, situasi makro tak jauh beda dengan negara berkembang lainnya seperti India. Akan tetapi, pembedanya terletak pada jumlah UKM yang sudah memasarkan produk secara online, sehingga total volume transaksi juga lebih besar di negara tersebut.

“Dengan internet, pembeli otomatis meluas, tidak terbatas di wilayahnya. Kita jadi bicara pasar global, produk bisa dibeli dari manapun selama akses internet dan informasinya lengkap,” sambungnya.

Dia menyebutkan fitur Google Bisnisku dan Google Trends memudahkan sebuah UKM untuk mengarahkan pembeli dalam menjangkau produk dan atau jasa mereka. Dari mulai urutan di posisi teratas dan mencolok pada mesin pencari Google.Juga, kata dia, akan tertera detil operasional UKM seperti alamat lengkap, jadwal operasional, peta, hingga ulasan konsumen tentang produk/jasa UKM.

Baca juga :   Pekan Raya Indonesia 2018 Targetkan Capai 1 Juta Pengunjung

Bahkan, layanan tersebut juga sudah dilengkapi dengan aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store guna membantu UKM mengontrol statistik pelanggan. Waktu, lokasi akses, hingga jumlah akses bisa dilacak secara gratis selama UKM tersebut sudah terverifikasi Google.

FAHRUL ANWAR

Tags: Google Indonesiapemasaran onlineUsaha Kecil dan Menengah (UKM)
Previous Post

Telkomsel dan Nokia Networks Uji Coba Narrowband Internet of Things (NB-IoT) Pertama di Indonesia

Next Post

Aplikasi Rehab Plus Bantu Keluar dari Jerat Narkoba

Related Posts

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025
Headline

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025

7 Juli 2025
0
BNIdirect
News

UKM Rumah Tempe Azaki Tembus Pasar Ekspor Didukung BNIdirect

2 Juli 2025
0
ekonomi digital
Headline

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Dua Digit di 2024, E-Commerce Penyumbang Terbesar

13 November 2024
0
Load More
Next Post
Aplikasi Rehab Plus Bantu Keluar dari Jerat Narkoba

Aplikasi Rehab Plus Bantu Keluar dari Jerat Narkoba

Go-Jek Gandeng Arisan Mapan Untuk Mitra Pengemudi

Go-Jek Gandeng Arisan Mapan Untuk Mitra Pengemudi

Elevenia Gandeng Ratusan Pedagang Tanah Abang

Elevenia Gandeng Ratusan Pedagang Tanah Abang

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version