Sabtu, 27 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

UKM Indonesia Belum Kenal Strategi Pemasaran Online

20 Desember 2016
in News
Reading Time: 1 min read
Bayar Pajak “e-Billing” Diterapkan 1 Juli 2016

UKM perlu mengenal strategi pemasaran online. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Jumlah usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia yang mengadopsi pemasaran secara online masih minim. Baru 10 persen dari kisaran 60 juta UKM yang sudah memasarkan produk secara online.

Product Marketing Manager SMB Google Indonesia, Fida Heyder mengatakan, survey firma bisnis Deloitte pada 437 UKM menunjukkan, UKM daring dapat menghasilkan pendapatan 80% lebih tinggi dibandingkan pelaku konvensional. Selain itu, terdapat potensi kesempatan kerja 1,5 kali lebih besar.

“Namun di Indonesia, baru 10 persen dari kisaran 60 juta UKM yang sudah memasarkan produk secara online. Padahal pertumbuhan internet di Indonesia termasuk paling tinggi di dunia. Pada 2015 baru 92 juta orang yang mengakses internet, dan tahun 2020 diperkirakan 215 juta netizen,” katanya di Bandung, beberapa waktu lalu.

Baca juga :   Blanja.com Bantu UKM Melek Digital

Menurut dia, data lanjutan Google Indonesia menunjukkan, hampir 43 % pengakses internet menggunakan smartphone disusul desktop (15 %) dan tablet (4 %). Jumlah pembeli daring pada 2015 lalu diperkirakan masih 18 juta orang.

Fida mengatakan, situasi makro tak jauh beda dengan negara berkembang lainnya seperti India. Akan tetapi, pembedanya terletak pada jumlah UKM yang sudah memasarkan produk secara online, sehingga total volume transaksi juga lebih besar di negara tersebut.

“Dengan internet, pembeli otomatis meluas, tidak terbatas di wilayahnya. Kita jadi bicara pasar global, produk bisa dibeli dari manapun selama akses internet dan informasinya lengkap,” sambungnya.

Dia menyebutkan fitur Google Bisnisku dan Google Trends memudahkan sebuah UKM untuk mengarahkan pembeli dalam menjangkau produk dan atau jasa mereka. Dari mulai urutan di posisi teratas dan mencolok pada mesin pencari Google.Juga, kata dia, akan tertera detil operasional UKM seperti alamat lengkap, jadwal operasional, peta, hingga ulasan konsumen tentang produk/jasa UKM.

Baca juga :   Indosat dan ZTE Perluas Pengalaman Digital di Indonesia Hingga Ke Pulau Terpencil

Bahkan, layanan tersebut juga sudah dilengkapi dengan aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store guna membantu UKM mengontrol statistik pelanggan. Waktu, lokasi akses, hingga jumlah akses bisa dilacak secara gratis selama UKM tersebut sudah terverifikasi Google.

FAHRUL ANWAR

Tags: Google Indonesiapemasaran onlineUsaha Kecil dan Menengah (UKM)
Previous Post

Telkomsel dan Nokia Networks Uji Coba Narrowband Internet of Things (NB-IoT) Pertama di Indonesia

Next Post

Aplikasi Rehab Plus Bantu Keluar dari Jerat Narkoba

Related Posts

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara
Headline

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

6 Desember 2025
0
Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV
Headline

Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

14 November 2025
0
Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025
Headline

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025

7 Juli 2025
0
Load More
Next Post
Aplikasi Rehab Plus Bantu Keluar dari Jerat Narkoba

Aplikasi Rehab Plus Bantu Keluar dari Jerat Narkoba

Go-Jek Gandeng Arisan Mapan Untuk Mitra Pengemudi

Go-Jek Gandeng Arisan Mapan Untuk Mitra Pengemudi

Elevenia Gandeng Ratusan Pedagang Tanah Abang

Elevenia Gandeng Ratusan Pedagang Tanah Abang

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version