youngster.id - Menyediakan produk bahan makanan alami dan wewangian untuk produsen multinasional yang cerdas di seluruh dunia adalah tugas menantang yang dilakukan oleh salah satu UKM dari Indonesia, Van Aroma.
Menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan dan mudah dilacak, perusahaan yang berkantor di Bogor ini menghasilkan minyak aromaterapi, wewangian, bumbu bahan kosmetik, bahan pengusir nyamuk alami, bahan fungsional, dan solusi sensorik serta nutrisi.
“Kami bangga dengan produk yang kami miliki. Dengan hati-hati kami meneliti seluruh rantai pasokan, menggunakan teknologi dan proses paling canggih, sekaligus memberikan kualitas tertinggi yang diharapkan oleh pelanggan kami,” kata Aayush Tekriwal, Managing Director, Van Aroma.
Menurut Aayush, pihaknya secara berkelanjutan mengolah dan memproduksi turunan dari rempah-rempah asli Indonesia. Termasuk bekerjasama dengan para petani dan penyuling.
“Kami membangun perusahaan berdasarkan prinsip inti yang dapat dilacak, memiliki transparansi, dan sumber yang etis. Hal ini telah menjadi akar dari perusahan kami untuk memberi dorongan dalam berinovasi sebagai peluang untuk pertumbuhan pesat Van Aroma sebagai sebuah organisasi,” tambahnya.
Bisnis minyak atsiri sangat bergantung pada kualitas input, memanfaatkan sumber dari alam sembari memastikan kelestarian lingkungan adalah kunci untuk mempertahankan kelangsungan hidup produk dalam jangka panjang. Dengan menerapkan teknologi pemrosesan hijau seperti Ekstraksi Cairan Superkritis, dan Otomasi Proses dari hulu ke hilir yang komprehensif, perusahaan ini mampu mengoptimalkan pengendalian jejak karbonnya secara signifikan. Mereka yakin dapat menjadi sepenuhnya netral karbon melalui efisiensi dan investasi mereka sendiri dalam sumber energi terbarukan pada tahun 2030.
Untuk melayani pelanggan global secara efisien, perusahaan aroma terapi ini telah membangun beberapa fasilitas pengumpulan dan pemrosesan di seluruh Indonesia, guna memungkinkan mereka mendapatkan sumber langsung dari petani dan penyuling.
Pada tahun 2021, perusahaan milik keluarga Tekriwal ini mendirikan anak perusahaan asing pertama mereka di New Jersey, AS, untuk melayani pelanggan Amerika Utara secara lebih efektif. Aayush mengatakan, pihaknya memiliki beberapa rencana untuk berekspansi, baik di negara asal (di Indonesia), maupun di Eropa dan pasar utama lainnya.
Sedangkan untuk pengiriman produknya, Van Aroma telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan logistik asing.
“Kami senang dengan dukungan FedEx yang memungkinkan kami menjangkau pelanggan di luar negeri. Produk kami sangat unik karena melibatkan kekayaan keharuman dan rasa yang tidak dapat ditunjukkan dengan cara lain selain mengirimkan sampel. Lebih penting lagi, kombinasi dukungan logistik yang andal dan efisien serta layanan pelanggan yang sangat baik melengkapi kualitas layanan kami. Kami melihat dampak positif pada kolaborasi keberlanjutan ini pada bisnis kami yang dapat membantu kami untuk terus memperluas jejak global,” tutup Aayush.
HENNI SOELAEMAN
Discussion about this post