UKM Perlu Adopsi Teknologi Inovatif

Program A Cup of Moka dengan talkshow bertemakan Kelola Data dan Analisis Penjualan & Rancang Strategi Lebih Cekatan. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Untuk menyambut Hari UMKM Internasional yang jatuh pada tanggal 27 Juli 2019. Moka, menggelar program A Cup of Moka bertemakan “Kelola Data dan Analisis Penjualan & Rancang Strategi Lebih Cekatan”.

Pada kesempatan itu Devi Rimayanti selaku Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI mengatakan, pentingnya peranan teknologi bagi para pelaku UMKM. Salah satu bentuk dukungan Kementerian Koperasi dan UKM RI sendiri ialah dengan menciptakan platform inovatif, Lamikro, sebuah aplikasi yang memudahkan pelaku UMKM melakukan proses penghitungan akuntansi baik itu pencatatan laba maupun rugi. 

“Pelaku UMKM Indonesia sudah mulai dikenal dunia dan seiring peran data yang berkembang, maka setiap usaha diharuskan untuk mulai mengadopsi teknologi inovatif untuk mengatur dan 

menganalisa data berharga mereka. Sehingga pengambilan keputusan dan rancangan strategi kedepan menjadi lebih akurat dan pelaku UMKM dapat tetap stabil meski ekonomi saat kompetitif,” katanya dalam talkshow, Selasa (25/6/2019) di Jakarta. 

Data Kementerian Koperasi dan UKM RI menunjukkan tahun 2018 sebanyak 64.1 juta merupakan pelaku usaha industri UMKM di Indonesia dengan sumbangan terhadap PDB Nasional mencapai 60.34%. Jumlah pelaku usaha industri UMKM di Indonesia terus berkembang setiap tahunnya dan sangat berkontribusi pada perkembangan ekonomi negara. 

Pemberdayaan UMKM merupakan langkah strategis untuk menjaga daya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, diharapkan tak hanya bertahan di dalam negeri tapi mereka mampu bersaing di pasar internasional. 

Pernyataan tersebut didukung juga oleh VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan dalam sambutannya Ia juga menambahkan bahwa di Indonesia masih sangat sedikit pelaku UMKM yang telah mengadopsi teknologi padahal kontribusi dan potensi mereka sangatlah besar bagi roda perekonomian Indonesia.

“Jumlah UKM yang melek digital masih berada di bawah angka 20% dari total UKM. Padahal pemanfaatan teknologi dapat menghasilkan banyak data yang merupakan aset berharga untuk 

diolah menjadi wawasan baru. Disinilah perananan kami untuk mengedukasi usaha kecil dan menengah untuk menganalisa semua data tentang bisnis mereka, mulai dari penjualan, produk, pola kebiasaan pelanggan hingga inventaris mereka, hasil dari data-data ini dapat menghasilkan insight yang bisa menjadi bekal bagi para pelaku UKM untuk bersaing dengan perusahaan besar,” ungkap Bayu. 

Acara A Cup of Moka ini dihadiri juga oleh Rifqi Rianputra, Direktur dari Pigeonhole Coffee, dan Hutami Nadya, selaku Data Analyst Moka.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version