youngster.id - Gerakan Shopee Bersama UMKM berhasil mendukung ratusan UMKM binaan Bank Indonesia, berbagai Kementerian RI dan pihak instansi pemerintahan terkait, ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.
Agus Suparmanto, Menteri Perdagangan Republik Indonesia mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat. UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
“Nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat memberikan kontribusi dan membantu UMKM untuk tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dalam situasi kebiasaan baru,” ujar Mendag Agus dalam keterangan pers Rabu (21/10/2020).
Upaya yang dilakukan Shopee dalam mendorong UMKM Go Ekspor sejalan dengan komitmen Bank Indonesia dan Pemerintah. Komitmen ini seperti yang ditegaskan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia 2020 menjelaskan Bank Indonesia (BI) akan terus bersinergi mendukung Pemerintah mendorong UMKM menembus pasar global melalui 4 (empat) fokus utama.
“Pertama, sinergi diplomasi ekonomi, Kedua, memastikan ketersediaan dan kesesuaian produk UMKM dengan menjaga kontinuitas dan kualitas produk. Ketiga, mendorong kemudahan dalam regulasi. Keempat, melakukan digitalisasi pemasaran (marketing dan showcasing),” jelas dia.
Sebagai bagian dari dorongan yang Bank Indonesia dukung melalui gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk para UMKM binaan kami, kami turut senang atas kerjasama yang dijalin dengan Shopee untuk secara bersama-sama merealisasikan
komitmen dan fokus kami dalam mendorong keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia secara digital, melalui berbagai program pelatihan dan bimbingan yang diberikan, bahkan secara luas diimplementasikan ke luar Indonesia dalam program ekspor yang dihadirkan oleh Shopee.
“Harapan kedepannya, Shopee dapat turut selalu mendukung para UMKM di Indonesia untuk dapat secara efektif memperluas jangkauan bisnis ke kancah Asia tenggara secara online,” ujarnya menambahkan.
Gerakan Shopee Bersama UMKM yang sejalan dengan komitmen dari gerakan #BanggaBuatanIndonesia, telah diimplementasikan melalui program pelatihan dan pendampingan yang selama ini dilakukan, khususnya selama masa pandemi berlangsung.
Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee mengatakan peran dan fungsi Shopee sebagai perusahaan digital yang bergerak di ranah industri ecommerce, menegaskan komitmennya dalam tidak hanya bertindak sebagai penyelenggara program untuk mendukung UMKM, tetapi juga sebagai wadah konkrit dari terbukanya akses penjualan dan pemasaran secara digital dan luas.
Melalui inisiatif gerakan Shopee Bersama UMKM ini, kami senantiasa memberikan program pelatihan, pendampingan, dan juga penerapan implementasi literasi digital untuk bisnis UMKM binaan kami dan juga telah dibina oleh pihak-pihak instansi pemerintahan yang bersinergi dengan Shopee. Kami berharap perkembangan program ekspor untuk UMKM binaan ini dapat senantiasa berlangsung dengan sistem pemasaran yang optimal hingga akhir tahun 2020 dan seterusnya,” pungkas Radityo.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post