Kamis, 2 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

UMKM Ini Manfaatkan E-Commerce Untuk Bawa Biji Kopi Lokal ke Panggung Nasional

19 Oktober 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Initial Coffee Roaster

Initial Coffee Roaster dan Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Komoditas kopi memiliki potensi sangat besar meningkatkan perekonomian nasional karena persebaran peminat kopi Indonesia di seluruh dunia. Hal ini mendorong Initial Coffee Roaster membawa biji kopi lokal ke panggung nasional. Mereka memanfaatkan program Hyperlocal di Tokopedia.

Startup yang didirikan sejak 2014 ini juga memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa hingga Papua.

Pemilik Initial Coffee Roaster, Ivan Hartanto mengatakan, usaha ini bukan hanya sebagai kedai kopi. “Kami memiliki tujuan memberdayakan dan meningkatkan nilai tambah setiap pelaku yang berperan di rantai industri kopi, mulai dari petani kopi, prosesor kopi dan masih banyak lagi,” kata Ivan dalam keterangan pers, Rabu (19/10/2022).

UMKM asal Surabaya ini didirikan Ivan bersama dua rekannya, Kenny Soewondo dan Kevin Soewondo. Menurut Ivan, Initial Coffee Roaster membeli biji kopi langsung dari ratusan petani kopi lokal, tanpa perantara. Mereka juga memastikan pembelian dilakukan di awal agar para petani bisa punya pegangan modal untuk mengembangkan produktivitas lahan kopi mereka.

Baca juga :   Gojek, Tokopedia dan Shopee Beri Apresiasi Bagi Kontingen Indonesia Olimpiade Tokyo 2020

“Kami ingin kopi lokal berkualitas tinggi menjadi produk yang inklusif; bisa dinikmati oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja” ujar Ivan.

Untuk itu mereka memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh  Tokopedia. Initial Coffee Roaster rajin mengikuti berbagai kampanye di bawah naungan inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Salah satunya Tokopedia NYAM!

“Berkat mengikuti kampanye ini, transaksi produk best seller kami, Kopi Espresso Early Riser Blend, melonjak 2 kali lipat. Bahkan produk kami bisa tembus luar Surabaya seperti Bogor, Sumbawa dan Samarinda,” ujar Ivan.

Selain memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omzet, Tokopedia juga membantu Initial Coffee Roaster menambah menambah jangkauan pasar dan meningkatkan minat peminum kopi . Terutama homebrewer ataupun kedai kopi baru agar mencoba biji kopi specialty grade buatan anak negeri.

Baca juga :   PasarPolis Perolehan Pendanaan Seri A Untuk Kembangkan Produk Inovatif

Ivan juga mengaku, Initial Coffee Roaster aktif melakukan edukasi tentang kopi kepada masyarakat. Salah satunya lewat Coffee Academy. “Melalui program ini, kami tidak hanya membuka pelatihan bagi masyarakat umum yang ingin belajar tentang kopi, tetapi juga bagi mereka yang ingin menjadi barista. Sejauh ini sudah ada lebih dari 300 orang yang belajar di Premium Coffee Academy kami,” ungkapnya.

Initial Coffee Roaster juga giat berinovasi dan akan meluncurkan produk terbarunya, yakni kopi celup. “Kehadiran produk ini berangkat dari keinginan kami untuk terus menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, terutama yang ingin menikmati kopi secara lebih praktis atau tidak memerlukan peralatan khusus,” pungkas Ivan.

Baca juga :   Festival Gerakan Warung Nasional: Majukan Ekosistem Warung

Tren ini didorong oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan UMKM di berbagai daerah termasuk Surabaya dengan pembeli setempat, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan, selama semester I 2022, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah transaksi dan pembeli, khususnya di Surabaya, mencapai hampir 1,5 kali lipat. “Kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori paling laris di Surabaya,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Tags: Initial Coffee Roasterkopi lokalTokopedia
Previous Post

NOICE Buka Akses Layanan Streaming Radio Swasta Seluruh Indonesia

Next Post

‘Integrasi Marketplace’ Jadi Fitur yang Paling Diminati Pelaku UMKM

Related Posts

PLTS Atap
News

Xurya Jangkau Lebih Banyak Industri untuk Pertumbuhan Industri Hijau

2 Februari 2023
0
Literasi Digital
News

Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2022 Meningkat Jadi 3,54

2 Februari 2023
0
petani rumput laut
News

Kolaborasi FedEx dan YKAN Berdayakan Petani Rumput Laut Wakatobi Melalui eCommerce

2 Februari 2023
0
Load More
Next Post
SIRCLO Group

‘Integrasi Marketplace’ Jadi Fitur yang Paling Diminati Pelaku UMKM

jam tangan

Rayakan Semangat Sumpah Pemuda, Jam Tangan Ini Hadirkan Edisi Terbatas untuk Pasar Indonesi

GoFood - KOMPAG

Upaya GoFood Dorong UMKM Kuliner Naik Kelas

Discussion about this post

Berita Terbaru

PLTS Atap

Xurya Jangkau Lebih Banyak Industri untuk Pertumbuhan Industri Hijau

2 Februari 2023
0
edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
Literasi Digital

Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2022 Meningkat Jadi 3,54

2 Februari 2023
0
petani rumput laut

Kolaborasi FedEx dan YKAN Berdayakan Petani Rumput Laut Wakatobi Melalui eCommerce

2 Februari 2023
0
Peris.ai

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
Yakes Telkom x Primaya

Terus Perluas Layanan Kesehatan, Yakes Telkom Jalin Sinergi Dengan Rumah Sakit Primaya Group

2 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version