youngster.id - Sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia sudah saatnya para pelaku industry kopi lokal menembus pasar internasional. Untuk itu, PT Bank SMBC Indonesia Tbk membawa pelaku usaha kopi lokal yaitu Kata & Rasa, Delawa Coffee, dan Kopi Lasi ke ajang Amsterdam Coffee Festival 2025.
Communications and Daya Head SMBC Indonesia Andrie Darusman mengatakan, upaya ini untuk memperkenalkan potensi kopi Nusantara di kancah dunia.
“Partisipasi UMKM lokal di kancah dunia menjadi bukti daya saing kopi Indonesia di tingkat global. Kami bangga bisa membantu mereka untuk membuka peluang pasar yang lebih luas dan terus memajukan kopi sebagai bagian dari identitas ekonomi dan bangsa Indonesia di mata dunia,” katanya dikutip Senin (28/5/2025).
Pada Amsterdam Coffee Festival hadir 250 eksibitor dari berbagai belahan dunia serta dihadiri oleh lebih dari 15.000 pengunjung selama 3 hari festival berlangsung. Menurut Andrie, Booth Roemah Indonesia (RIBV) yang juga menaungi sejumlah prosesor kopi UMKM binaan SMBC Indonesia, dikunjungi sekitar 3.000 pengunjung selama acara berlangsung dengan membawa nilai transaksi senilai total 6.000 Euro untuk penjualan secara ritel.
Ketiga UMKM ini sebelumnya telah mengikuti Daya Fest selaku kegiatan showcase tahunan bagi para mitra UMKM binaan SMBC Indonesia. Kata & Rasa memiliki spesialisasi pada tiga jenis kopi yaitu Arabica Gayo, Robusta Temanggung, dan Arabica Java Ijen.
Sementara Delawa Coffee menawarkan karakter biji kopi yang unik, seperti arabika dengan aroma floral dan buah tropis serta robusta dengan rasa kacang yang kuat. Mereka juga telah tersertifikasi sebagai prosesor kopi berkualitas tinggi oleh CSQA, badan sertifikasi asal Italia, sejak April 2023.
Sedang Kopi Lasi adalah produsen biji kopi arabika dari lahan di berbagai lokasi, salah satunya di lereng Gunung Marapi, Sumatra Barat. Kopi Lasi mampu menghasilkan lebih dari 1 ton buah basah per minggu dengan memberdayakan 53 petani.
“Keahlian yang ditawarkan dari merek-merek tersebut sukses mendapat antusiasme tersendiri di Amsterdam Coffee Festival 2025 yang mempertemukan konsumen dengan para pelaku industri kopi dunia,” ucapnya.
Ajang tahunan bergengsi ini pun menjadi wadah yang tepat bagi UMKM lokal untuk mempromosikan kopi Indonesia ke panggung internasional sekaligus membuka peluang untuk memasuki pasar global.
“SMBC Indonesia berkomitmen untuk merancang seluruh inisiatif pemberdayaan UMKM berdasarkan kebutuhan para pelaku usaha dalam menjaga keberlanjutan bisnis. SMBC Indonesia berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi kemajuan UMKM di tingkat nasional maupun internasional,” tutup Andrie.
STEVY WIDIA
Discussion about this post