Uniqlo Sukses Terapkan Strategi Penjualan Online di Masa Pandemi

Uniqlo

Marketing & E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia Daniel Pieter Sumual (kiri). (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Melek teknologi di era digital seperti sekarang ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Hal ini disadari oleh pemain retail bisnis fashion, termasuk UNIQLO. Brand fashion asal Jepang ini membuka toko online UNIQLO.com di masa Pandemi Covid-19.

Kini setelah satu tahun membuka gerai belanja online di Indonesia, Uniqlo pun mulai menuai hasilnya. Marketing & E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia Daniel Pieter Sumual mengatakan, langkah strategi ini terbilang tepat, mengingat situasi Pandemi Covid-19 masih terjadi di Indonesia.

“Sesungguhya Uniqlo.com Indonesia adalah lanjutan dari langkah strategi global. Kami berusaha untuk terus berinovasi agar bisa memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan lebih baik lagi sehingga semakin banyak yang bisa menikmati keuntungan yang kami berikan untuk semua masyarakat,” kata Daniel dalam jumpa pers, Kamis (27/10/2022) di Kota Kasablanca, Jakarta.

Menurut Daniel, kehadiran toko online ini mendapat sambutan antusias masyarakat. Pasalnya, mereka mendapat banyak kemudahan untuk mendapatkan koleksi LifeWear dengan nyaman. Karena toko online ini menyediakan ukuran yang lebih lengkap mulai XS hingga XXL. Fitur Click and Collect juga memberi kenyamanan berbelanja yang memudahkan pelanggan mengambil pesanan di toko, layanan alterasi online untuk pelanggan yang dapat disesuaikan dan dipotong celananya sesuai dengan ukuran pembeli.

Selain itu layanan di UNIQLO.com juga menyediakan online wrapping kado atau gift untuk pelanggan yang ingin memberi hadiah untuk sahabat, keluarga dan sebagainya,

“Tidak terasa sudah satu tahun UNIQLO.com kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup melalui rangkaian koleksi LifeWear dengan lebih mudah dimanapun dan kapanpun hanya dalam satu genggaman. Untuk itu, kami sangat antusias merayakannya dengan menyiapkan banyak sekali kejutan dan penawaran eksklusif sebagai wujud apresiasi kami untuk semua pelanggan setia UNIQLO yang telah mendukung perjalanan UNIQLO.com,” ujar Daniel.

Untuk itu, pada 28 Oktober – 10 November 2022, UNIQLO menghadirkan banyak sekali promo yang bisa dimanfaatkan melalui aplikasi UNIQLO.com, diantaranya penawaran terbatas untuk produk-produk LifeWear Favorit, seperti Kemeja Flannel, HEATTECH Fleece Turtleneck, Celana Relaco hingga Bra Tanpa Kawat yang eksklusif hanya berlaku pada pembelanjaan online di UNIQLO.com. Selain itu ada Welcome Coupon senilai Rp. 50,000 untuk pelanggan baru yang mengunduh UNIQLO.com, free exclusive tote bag untuk minimum pembelian senilai Rp. 500,000.

Saat ini secara global UNIQLO telah memiliki 19 Global Flagship Store dengan lebih dari 1.700 toko di 17 negara di seluruh dunia. Meliputi Jepang, Australia, Belgia, Tiongkok, Prancis, Jerman, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Inggris, dan Amerika. Perusahaan ini memiliki lebih dari 400 outlet yang tersebar di Asia-Oceania termasuk di kota-kota besar di Indonesia.

Nilai valuasi mereka bahkan sudah mencapai lebih dari US$ 7 miliar atau Rp 99 triliun. Di Indonesia, Uniqlo telah bersaing dengan brand-brand kelas dunia lainnya seperti Zara dan H&M.

Pada momen ini, UNIQLO juga turut menghadirkan koleksi Uniqlo U Fall/Winter 2022 yang didesain oleh Direktur Artistik Christophe Lemaire dan tim UNIQLO R&D di Paris dengan tema Essentials with a Point of View.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version