Universal Robots Luncurkan Cobot Canggih e-Series

Universal Robots Automatica 2018. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan robot kolaboratif Universal Robots melakukan perubahan terhadap teknologi otomasi dengan memperkenalkan cobot seri terbaru, flagship e-Series. Platform cobot e-Series baru ini memiliki peningkatan teknologi yang memungkinkan pengembangan bidang penerapan robot lebih luas dan penghematan biaya lebih banyak.

“Platform e-Series baru kami merupakan wujud dari kerja keras dan pengalaman bertahun-tahun dalam bidang robot kolaboratif. Huruf ‘e’ dalam e-Series mewakili visi dan filosofi produk kami untuk memberdayakan manusia dan memudahkan kerja mereka,” ucap Jurgen von Hollendalam President of Universal Robots, dalam keterangan tertulisnya Minggu (15/7/2018).

Seri ini diluncurkan sesaat setelah co-founder Universal Robots, Esben Ostergaard mendapat penghargaan Nobel untuk robotika, Engleberger Award 2018.

Berkat tingkat ketelitian serta sensitivitas yang lebih tinggi karena menggunakan sensor Force/Torsi built-in yang dirancang untuk penggunaan bersama alat-alat industri. Sehingga platform cobot e-Series baru ini memiliki peningkatan teknologi yang memungkinkan pengembangan bidang penerapan robot lebih luas dan penghematan biaya lebih banyak.

Baca juga :   Suhu Tubuh Manusia Bisa Jadi Charger Smartphone

Seperti halnya produk Universal Robots lain, e-Series menawarkan kemudahan pakai yang tidak terkalahkan. Hanya dibutuhkan satu jam untuk membongkar cobot dari kemasannya, memasang dan memprogram tugas pertama.

Antarmuka komunikasi untuk pemasangan sambungan (wrist-join-tool) mengurangi kompleksitas dan waktu yang dibutuhkan untuk integrasi dengan lini produksi. Dari segi perawatan, seluruh sambungan bisa diganti hanya dalam 2 sampai 6 menit saja.

Antarmuka pengguna visual yang baru, lebih intutifi dan sudah didesain ulang, mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk memprogram cobot hanya dalam beberapa klik saja, menggunakan Teach Pendant yang ringan dan memiliki layar lebar.

Ada 17 fungsi keamanan, termasuk waktu dan jarak berhenti yang bisa diatur, membuat kolaborasi lebih mudah. Cobot ini juga mendapat sertifikasi dari TUV Nord, dan semua fungsi mematuhi standar keamanan mesin EN ISO 13849-1 dan EN ISO 10218-1 (Cat. 3 PLd) untuk kolaborasi manusia-mesin yang tidak memerlukan pembatas.

Secara garis besar, e-Series dapat memberikan return of investment (ROI) yang lebih cepat, dan sistem cobot yang siap untuk sembarang penerapan di masa depan dan peningkatan produktivitas lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Baca juga :   JD.ID Eksklusif Hadirkan Zyrex Sky 232 Xtreme

Dengan peluncuran e-Series ini, Universal Robots sekarang memiliki dua platform teknologi. Bagi pengguna yang menginginkan cobot untuk penerapan yang sudah teruji, maka G3 adalah pilihan tepat. Sementara e-Series akan menguntungkan bisnis yang membutuhkan penerapan tingkat lanjut dan persiapan untuk kebutuhan robotika di masa depan.

 

STEVY WIDIA