Universitas Lampung Gandeng Alcatel-Lucent Enterprise Untuk Revitalisasi Jaringan Teknologi

Belajar online

Perkuliahan online. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Saat ini, universitas diharapkan menjadi pusat inovasi dan pengetahuan yang didukung oleh teknologi terbaru. Tujuan utamanya adalah untuk menyederhanakan dan mendorong proses pembelajaran dan mendukung para pihak terkait dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, jaringan di universitas harus mampu mencegah serangan siber, akibat semakin banyaknya perangkat yang terhubung dan pesatnya perkembangan Internet of Things (IoT).

Hal ini mendorong Universitas Lampung (UNILA) memilih Alcatel-Lucent Enterprise untuk melaksanakan proyek merevitalisasi solusi jaringan.

“Alcatel-Lucent Enterprise bekerjasama dengan kami untuk mewujudkan visi kami dalam membangun jaringan yang akan meningkatkan profil kami di dunia, memberikan Kualitas Pengalaman dan Kualitas Layanan yang diinginkan pengguna, dan mengatasi masuknya BYOD dengan keamanan bawaan,” ucap Muhamad Komarudin, Kepala Teknologi Informasi & Komunikasi, Universitas Lampung dalam keterangan pers, Rabu (21/12/2022).

Tujuan revitalisasi jaringan di UNILA adalah untuk memperkuat posisinya sebagai penyedia pendidikan dengan meningkatkan Kualitas Layanan (QoS) digital dan pengalaman pengguna untuk semua pemangku kepentingan. Selain itu, UNILA juga ingin memastikan keamanan infrastruktur jaringannya dari risiko-risiko potensial, tanpa mengorbankan aksesibilitas bagi civitas kampus dan para tamunya.

“Proyek revitalisasi jaringan ini merupakan bukti komitmen UNILA terkait keunggulan pendidikan dan pemberdayaan digital bagi civitas kampus. Visi mereka, didukung dengan solusi khusus Alcatel-Lucent Enterprise, memberikan keuntungan bagi segenap civitas kampus dimulai dari peningkatan pengalaman pengguna dengan konektivitas yang sangat baik di seluruh area kampus,” ungkap Wahyu Adi, Country Business Leader, Alcatel-Lucent Enterprise Indonesia.

UNILA bekerjasama dengan Alcatel-Lucent Enterprise untuk menciptakan infrastruktur LAN yang selalu aktif, skalabel, cerdas, mudah dikelola, tangguh, dan berkinerja tinggi dengan otomasi terintegrasi. Jaringan ini dikelola secara terpusat dengan dasbor tunggal untuk perangkat berkabel, nirkabel, dan IoT.

Pendekatan Zero Trust yang digunakan memastikan jaringan selalu memiliki keamanan secara menyeluruh dengan menerapkan kontrol Role-Based Access bagi semua pengguna. Terakhir, Alcatel-Lucent Enterprise mampu menurunkan CAPEX melalui solusi intelijen terdistribusi yang mengurangi pembelian perangkat keras.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version