Universitas Lampung Kini Terkoneksi Jaringan Riset Nasional

MOU Telkom dan Unila. (Foto : lampungpos/Youngsters.id)

youngster.id - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkomitmen untuk mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) serta perjanjian kerja sama dengan Universitas Lampung (Unila).

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh GM Witel Telkom Lampung Sonny Hidayat dan Pejabat Pembuat Komitmen Unila Effendi, sedangkan penandatanganan MoU dilakukan oleh Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dan Rektor Unila Hasriadi Mat Akin serta disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin kerja sama ini akan mendukung terwujudnya visi Unila masuk ke dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan pengelolaan ICT Kampus yang andal.

“Pengembangan platform jaringan privat antar-institusi pendidikan di Indonesia, yaitu IdREN mendukung kecepatan yang sangat tinggi dan menyediakan saluran khusus untuk research sharing antar-perguruan tinggi dengan inisiatif 3S (single network, single and collaboration, sustainable platform),” kata Awaluddin dalam siaran pers, Minggu (12/6/2016) di Jakarta.

Awaluddin menegaskan komitmen Telkom untuk terus mendukung dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi melalui pengembangan ICT . Ia mengatakan ruang lingkup layanan meliputi penyediaan bandwidth IP Transit sebesar 1 Gbps (500 Mbps global dan 500 Mbps domestik) yang mampu melayani kebutuhan operasional kampus Unila serta kebutuhan 32.000 mahasiswa. Telkom juga menambahkan layanan IdREN (Indonesia Research and Education Network) 50 Mbps yang membuat Unila kini terhubung jaringan research sharing antar-perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan kerja sama Smart Education dengan Dinas Pendidikan Pemkot Lampung, Penandatanganan MoU Smart City dengan Dinas Kominfo Pemkot Lampung serta Soft Launching dan Pencanangan Kampung UKM Digital Unila. Lebih lanjut, Awaluddin mengungkapkan Program Kampung UKM Digital merupakan bukti Bakti Telkom untuk kemajuan UKM Indonesia.

“Hingga saat ini telah diresmikan 125 lokasi Kampung UKM Digital. Kampung UKM Digital GABUWIRA Unila ini merupakan yang ke-126,” pungkasnya.

Exit mobile version