youngster.id - Generasi milenial merupakan bonus demografi yang dimiliki dunia saat ini. Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2017 terdapat 80 juta generasi milenial yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 94 juta orang atau sekitar 35% dari jumlah total populasi Indonesia di tahun 2020.
Peluang ini ditangkap oleh PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) dengan meluncurkan kartu kredit UOB YOLO Card. YOLO adalah kependekan dari You Only Live Once. Jadi kartu ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan segmen milenial Indonesia berusia 21 – 35 tahun yang mandiri secara keuangan dan menyenangi gaya hidup praktis serta modern.
Kevin Lam, Presiden Direktur UOB Indonesia mengatakan,milenial akan membentuk demografi terbesar di Indonesia. Mereka berperan sebagai tulang punggung perekonomian seiring dengan laju pertumbuhan belanja mereka.
“Peluncuran UOB YOLO Card merupakan bagian dari strategi untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup milenial yang akan memiliki pengaruh besar di masa depan. Dengan berfokus kepada kebutuhan perbankan dan gaya hidup milenial melalui penyediaan produk yang dirancang sesuai dengan mereka, kami berharap dapat mendukung generasi ini saat mereka memulai karir dan berusaha mencapai berbagai tujuan hidup,” kata Kevin pada peluncuran UOB YOLO Card, Selasa (8/5/2018) di Jakarta.
Menurut Kevin, belanja milenial berkontribusi sekitar 30% dari total transaksi kartu kredit UOB Indonesia. “Generasi milenial identik dengan gaya hidup praktis dan modern. Generasi ini merupakan early adopter dari teknologi terbaru. Mereka sangat tertarik dengan dunia digital yang memudahkan mereka berkomunikasi dan beraktifitas secara online. Dalam hal berbelanja, 70% dari generasi ini sudah meninggalkan pembayaran secara tunai dan beralih ke kartu kredit atau debit. Berbelanja secara online pun menjadi pilihan utama mereka termasuk untuk transaksi transportasi online maupun travelling yang menjadi minat mereka,” paparnya.
Data internal UOB menunjukkan lonjakan kategori travel untuk segmen milenial sebesar 81% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Dessy Masri, Head of Cards and Payments UOB Indonesia mengatakan, generasi milenial memiliki karakter smart, dynamic, confident, fun dan sangat mementingkan work-life balance.
“Hidup Seseru Yang Kamu Mau, because You Only Live Once adalah tagline yang sesuai menggambarkan mereka. Kartu Kredit UOB YOLO Card kami kembangkan dengan fitur dan program yang memahami generasi ini,” ucapnya.
UOB YOLO Card menawarkan beragam fitur yang sesuai dengan prioritas keseharian milenial Indonesia. Diantaranya, Free Grab Rides – Gratis Voucher Grab senilai Rp20.000 setiap melakukan 5 kali transaksi ritel per bulan dan berlaku kelipatan. Lalu, cicilan 0% kategori hotel and travel, yaitu Fitur cicilan hingga 6 bulan untuk transaksi pada kategori hotel dan travel dimana saja dengan minimum sebesar Rp1.000.000.
Kemudian bebas iuran tahunan dengan melakukan transaksi setiap bulannya. Serta penawaran menarik setiap hari untuk makan, minum, nonton, belanja online, travel, dan lain sebagainya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post