Upaya Indonesia Menjadi Pusat Fesyen Muslim Dunia

fesyen muslim

Kementerian Perdagangan dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia akan menggelar Embracing Jakarta Muslim Fashion Week pada 18 November 2021 (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Embracing Jakarta Muslim Fashion Week akan digelar pada 18 November 2021 mendatang. Event ini sekaligus akan semakin memperkenalkan posisi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.

“Industri fesyen muslim Indonesia yang terus tumbuh pesat semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai salah satu pemain besar di industri fesyen muslim global,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, pada acara ‘Kick-Off Embracing Jakarta Muslim Fashion Week’ minggu lalu secara hibrida.

The State of Global Islamic Economic menyatakan, konsumsi industri fesyen muslim di Indonesia mencapai US$ 21 miliar dan pertumbuhan rata-rata 18,2%  per tahun. Hal ini menjadikan pasar fesyen muslim Indonesia sebagai yang terbesar kelima di dunia setelah Iran, Turki, Arab Saudi dan Pakistan. Hal ini memperlihatkan kalau Indonesia memiliki peran penting sebagai konsumen fesyen muslim dan punya prospek yang besar dalam mendominasi distribusi produk fesyen muslim secara global.

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week akan menampilkan peragaan busana dari 39 merek fesyen muslim Indonesia. Selain itu, akan ada booth dan mini showcase dari beberapa merek kosmetik Indonesia yang bersertifikasi halal, di antaranya PT Mustika Ratu, Tbk dan Wardah. Keduanya menjadi pendukung acara sebagai official make up & hairdo pada fashion parade.

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021 ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan Jakarta Muslim Fashion Week yang akan diluncurkan secara resmi di tahun 2022 sebagai bagian dari rangkaian acara Trade Expo Indonesia ke-37 pada 2022 mendatang. Jakarta Muslim Fashion Week akan menjadi program tahunan Kemendag dan KADIN.

Pada tahun 2023, Indonesia diharap dapat berperan aktif dalam peta fesyen internasional. Selain itu Jakarta Muslim Fashion Week diharap dapat menjadi bagian dari kalender fesyen Internasional. Kemudian di tahun 2024, Indonesia diharap mampu mendeklarasikan diri sebagai pusat fesyen muslim dunia dan Jakarta Muslim Fashion Week diakui sebagai perhelatan Internasional yang sejajar dengan perhelatan tingkat global lainnya.

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week merupakan hasil kolaborasi Kementerian Perdagangan dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia. Acara ini akan dilaksanakan di Aquatic Stadium Gelora Bung Karno, Jakarta.

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week dapat disaksikan untuk umum melalui siaran langsung di kanal ‘Kementerian Perdagangan’ dan ‘Expo 2020 Dubai’ pada layanan streaming video YouTube.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version