Rabu, 22 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Usaha Makanan dan Minuman Alami Lonjakan Pertumbuhan Selama 2020 di Tokopedia Nyam

29 Januari 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Lifelog,  Aplikasi Penghitungan Kalori via Foto

Bisnis makanan dan minuman menggeliat di ranah online. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Situasi pandemi telah mempengaruhi berbagai bisnis, termasuk di bidang usaha makanan dan minuman. Aktivitas masyarakat yang dibatasi, pekerja yang beralih bekerja dari rumah membawa dampak besar. Menariknya, sejumlah pelaku UMKM mampu bertahan bahkan bertumbuh setelah beralih ke ranah online bersama e-commerce.

Tren penjualan makanan dan minuman selama pandemi 2020 menurut Jessica Stephanie Jap, AVP of Category Development for FMCG and Long Tail Categories di Tokopedia meningkat hingga 3 kali lipat.

““Kehadiran Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori F&B jelang akhir 2020 mencapai lebih dari 3x lipat,” ungkap Jessica dalam jumpa pers, Kamis (28/1/2021).

Jessica menjabarkan data yang dirangkum Tokopedia selama 2020 ada 10 juta penjual yang 100% tergolong UMKM dan memiliki pangsa pasar lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan dan ada lebih dari 400 juta produk dengan harga transparan.

”Jumlah penjual makanan siap masak juga bertambah menjadi hampir 3x lipat selama Desember 2020, jika dibandingkan dengan sebelum pandemi. Penjualan makanan siap masak pun meningkat lebih dari 3,5x lipat,” paparnya.

Baca juga :   Indonesia Game Xperience (IGX) 2018 Pesta Bagi Gamer

Menurut Jessica, selain untuk membantu pegiat usaha F&B mempertahankan bisnis di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi, kampanye Tokopedia Nyam juga ditujukan mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan efisien, tanpa harus keluar rumah atau berkerumun.”

“Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk SelaluAdaSelaluBisa berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis – tidak terkecuali pegiat UMKM di bidang F&B dan seluruh masyarakat Indonesia – agar dapat bersama mendorong pemulihan ekonomi nasional,” jelas Jessica.

Menurut data Tokopedia, produk seperti kopi literan lokal, madu, makanan khas Korea teokbokki, serta camilan seperti pisang goreng madu hingga buah mangga menjadi produk paling diburu masyarakat selama kampanye ini berlangsung

Baca juga :   BCA Expoversary 2019 Sedia Layanan Satu Pintu

Peningkatan juga dirasakan oleh Mad Bagel, Prima Hayuningputri dan Anika Miranti yang bergabung dengan Tokopedia mulai Juli 2020. Usahanya yang dirintis sejak tahun 2014 semula hanya dilakukan offline. “Baru 7 bulan bergabung dengan Tokopedia sungguh amazing sekarang omzet meningkat 4 kali lipat dan bisa kirim ke Bali, Sumatera,”ujar Anika.

Pengalaman serupa juga dialami Muhammad Kautsar, pemilik dimsum 49. Saat pandemi justru ia merasa bangga bisa membantu para karyawan yang terkena PHK dari tempat kerjanya dan juga ibu-ibu rumah tangga bergabung menjadi reseller Dimsum 49. Total reseller Dimsum 49 kini berjumlah 3000. “Karyawan semula baru 80 orang, sekarang menjadi 200 orang,”jelas Muhammad.

Bahkan saat ini ia telah memiliki 20 agen guna menghemat biaya kirim bagi pelanggan. “Agen ini kami angkat dari reseller yang penjualannya besar dan pembayarannya bagus,”imbuh Muhammad.

Baca juga :   Huawei Cloud Menjadi Provider FMC Big Data Platform Telkomsel

Peningkatan transaksi signifikan juga dialami Dimsum 49 sejak mengikuti Tokopedia Nyam. “Penjualan kami meningkat hingga 90% atau sebesar hampir 2x lipat. Produk kami juga semakin dikenal masyarakat dengan adanya badge Terbukti Nyam!, hasil review oleh William Gozali, salah satu chef ternama Indonesia,” ungkap Kautsar.

 

STEVY WIDIA

Tags: dimsum 49Mad BagelTokopedaTokopedia Nyamusaha makanan dan minuman
Previous Post

Komerce Jadi Startup Sosiopreneur Terbaik The NextDev Talent Scouting 2020

Next Post

Lion Parcel Kini Layani Pengiriman Domestik FedEx di Indonesia

Related Posts

Hyperlocal Tokopedia
News

Hyperlocal Tokopedia Bantu Pasarkan 1,8 Miliar Produk dari 14 Juta UMKM

31 Agustus 2023
0
Tokopedia Mamin Sehat
Headline

Transaksi Produk Makanan dan Minuman Sehat di Tokopedia Alami Kenaikan Selama Pandemi

25 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Lion Parcel Kini Layani Pengiriman Domestik FedEx di Indonesia

Lion Parcel Kini Layani Pengiriman Domestik FedEx di Indonesia

Pelatihan Penggunaan Nama Domain ID Digelar di Yogyakarta

Indonesia Posisi Kedua Pengelola Domain Terbanyak Se Asia Tenggara

Loket.com Bidik Individu dan Komunitas

LOKET Gelar Lebih dari 10 Ribu Even Daring Sepanjang 2020

Discussion about this post

Recent Updates

Adapundi x DBS Indonesia

Adapundi dan Bank DBS Indonesia Perpanjang Kerja Sama Penyaluran Kredit Digital

22 Oktober 2025
Bundamedik - BMHS

Tingkatkan Akses Kesehatan, BMHS Buka Klinik Kesehatan di Pusat Transportasi Publik Jakarta

22 Oktober 2025
hitachi vantara

Kembangkan Infrastruktur AI dan Data Terpadu, Hitachi Vantara dan Supermicro Berkolaborasi

22 Oktober 2025
HARCILNAS 2025

Adira Finance Umumkan Pemenang HARCILNAS 2025 Periode 1

22 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Adapundi x DBS Indonesia

Adapundi dan Bank DBS Indonesia Perpanjang Kerja Sama Penyaluran Kredit Digital

22 Oktober 2025
Bundamedik - BMHS

Tingkatkan Akses Kesehatan, BMHS Buka Klinik Kesehatan di Pusat Transportasi Publik Jakarta

22 Oktober 2025
hitachi vantara

Kembangkan Infrastruktur AI dan Data Terpadu, Hitachi Vantara dan Supermicro Berkolaborasi

22 Oktober 2025
HARCILNAS 2025

Adira Finance Umumkan Pemenang HARCILNAS 2025 Periode 1

22 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version