youngster.id - Cakap, platform pembelajaran bahasa online di Indonesia baru saja mendapatkan suntikan dana US$3 juta (sekitar Rp42,8 miliar) dalam putaran Seri A+. Sejalan dengan pendanaan ini, Cakap mengembangkan dua produk utama.
Tommy Yunus, Co-Founder dan CEO Cakap mengatakan, kunci kesuksesan selama pandemi ini adalah mengerti lansekap Indonesia untuk menciptakan solusi edukasi yang akurat dan dapat menyelesaikan problem sebenarnya di target market.
Ia berpendapat, akses pendidikan berkualitas tinggi tidak hanya diperlukan oleh murid-murid di kota besar, tapi juga di seluruh kepulauan Indonesia, termasuk kota-kota tingkat tiga dan daerah terpencil.
“Kami sangat bersemangat menjadi bagian dari transformasi pembelajaran digital di Indonesia, membantu mendemokratisasi akses ke pendidikan berkualitas dan di jangka panjang, meningkatkan derajat hidup orang-orang,” ungkap Tommy dalam keterangannya baru-baru ini.
Pengembangan produk yang pertama, adalah untuk pasar anak-anak dengan Cakap For Kids. Ini merupakan produk pembelajaran bahasa Inggris online dan interaksi langsung untuk anak-anak berusia 4-12 tahun, sebagai solusi bagi orang tua yang tidak dapat membawa anak-anak mereka ke pusat pendidikan offline selama protokol adaptasi kebiasaan baru.
Fokus lainnya adalah memperdalam Cakap Upskill. Ini adalah pelatihan secara online dengan interaksi dua arah untuk topik pembelajaran yang luas, seperti marketing dan mata pelajaran terkait ilmu informatika.
Menurut Tommy, Indonesia menjadi salah satu pasar pendidikan terbesar di dunia dengan lebih dari 3 juta guru di 300.000 sekolah. Bersamaan dengan itu, Indonesia juga memiliki lebih dari 60 juta siswa yang semakin melek internet dari hari ke hari.
Sementara itu, terkait pendanaan terharap Cakap, putaran Seri A+ dipimpin oleh Heritas Venture Fund, dan juga partisipasi dari Strategic Year Holdings dan beberapa investor terkemuka lainnya. Investor-investor petahana, seperti Investidea Ventures dan Prasetia Dwidharma juga turut berpartisipasi dalam putaran ini.
Menurut Charis Goh, Direktur Heritas Capital, Cakap telah menciptakan solusi yang unik dan relevan untuk pasar Indonesia, dan inilah waktu yang terbaik dengan semakin banyaknya orang Indonesia dan murid-murid yang semakin melek internet hari demi hari.
“Perusahaan ini menawarkan proposisi impact yang menarik dengan menyediakan akses pendidikan berkualitas yang terjangkau, dan kami menantikan saatnya untuk berkerjasama dengan tim untuk mendukung perusahaan ini dalam perjalanan mereka mengembangkan solusi pendidikan ke seluruh Indonesia,” ungkapnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post