VIDA Tingkatkan Kepercayaan Pada Verifikasi Identitas Online Berbasis Sertifikat Elektronik

Sati Rasuanto - VIDA

Sati Rasuanto, Direktur PT Indonesia Digital Identity (VIDA) (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Migrasi transaksi keuangan menjadi serba digital tentunya memerlukan tingkat kepercayaan antara pengguna dan platform digital, mengingat interaksi tak lagi dilakukan secara tatap muka. Terutama dalam proses verifikasi identitas, yang merupakan proses yang wajib dilakukan untuk mengakses sebuah layanan keuangan.

Verifikasi menjadi salah satu alat bagi instansi keuangan untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya. Bagi layanan keuangan konvensional, verifikasi dilakukan dengan membawa berbagai dokumen identitas. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi tentunya verifikasi pun mengikuti zaman dan mulai bertransformasi dengan menggunakan metode verifikasi identitas secara online yang didukung oleh berbagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang juga mendorong proses verifikasi dapat dilaksanakan dalam waktu yang lebih singkat.

Disinilah peran PSrE menjadi semakin diperlukan. Dengan layanan verifikasi identitas berbasis sertifikat elektronik, dapat membantu para penyedia layanan keuangan digital menyediakan layanan verifikasi identitas secara online yang sesuai dengan prinsip pengenalan nasabah dalam Uji Tuntas Nasabah  yang aman, tepercaya, cepat, dan legal di mata hukum.

CEO dan Co-Founder VIDA Sati Rasuanto menjelaskan, verifikasi identitas secara online telah menjadi standar yang harus diterapkan oleh berbagai pemain industri keuangan untuk dapat melanjutkan misi mereka memperluas inklusi keuangan di Indonesia.

“Tentunya untuk mendukung misi tersebut, PSrE seperti VIDA hadir membantu rekan bisnis kami menjalankan verifikasi identitas secara online dengan lebih efisien dan sesuai dengan prinsip pengenalan nasabah dalam Uji Tuntas Nasabah (CDD-Customer Due Diligence) dengan bantuan teknologi verifikasi biometrik berdasarkan data kependudukan dari Dukcapil dan liveness detection. Hal ini dapat diperkuat dengan penerbitan sertifikat elektronik sebagai bukti dari identitas digital terverifikasi yang sah,” kata Sati dalam keterangan pers, Senin (3/10/2022).

Sati menegaskan, verifikasi identitas yang aman akan membangun rasa percaya antara pengguna dan layanan digital. Tentunya dengan rasa percaya tersebut akan mendorong semakin banyak masyarakat untuk mulai masuk ke dalam ekosistem digital dan memperluas layanan keuangan digital kepada lebih banyak masyarakat Indonesia.

“VIDA  telah bekerja sama dengan banyak instansi layanan keuangan digital, salah satunya Kredivo yang dimana kami mendukung dan meningkatkan skala proses pengajuan di dalam aplikasi Kredivo dengan proses verifikasi identitas secara online yang cepat dan tentunya membuat masyarakat lebih mudah untuk dapat merasakan layanan keuangan digital secara langsung,” katanya.

Sebagai penyedia sertifikat elektronik terdepan, VIDA menegaskan produknya memiliki Speed, Scale and Secure. Speed yakni kemampuan teknologi VIDA untuk memproses, memverifikasi dan melakukan otentikasi data pengguna dalam waktu singkat. Secure yakni memberikan jaminan lebih terhadap keamanan data dari pengguna dengan enkripsi end-to-end, dan telah dijamin oleh berbagai akreditasi kelas global seperti ISO 27001 dan WebTrust. Scale dimana dalam kerja sama ini teknologi VIDA mampu memproses pemrosesan data dalam skala besar.

“VIDA juga terus memperkuat pemrosesan verifikasi dalam skala besar yang penting untuk memberikan lebih banyak masyarakat kemampuan untuk mendapatkan layanan teknologi keuangan. Untuk itu VIDA telah mampu memproses lebih dari 800.000 identitas setiap harinya,” tutup Sati.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version