Virus Corona Berdampak Pada Industri Teknologi

PC Games. (Foto : ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Dampak virus corona (Covid-19) terhadap industri teknologi sangat luas. Tidak berhenti di perangkat smartphone tetapi juga hardware PC. Sejumlah pusat manufaktur di Tiongkok sempat ditutup sehingga penjualan sejumlah perusahaan tidak memenuhi target.

Dikutip dari Tom’s Hardware, industri PC, hardware motherboard, dan kartu grafis di negara tersebut telah melesu dari sisi penjualan.
Beberapa waktu lalu, Asus sebagai vendor industri PC asal Taiwan juga mengemukakan jawaban yang serupa. Hal ini disebabkan mereka memiliki pusat produksi besar di Tiongkok.

Chief Marketing Asus Global, Rex Lee mengakui bahwa ada fasilitas produksi dan supplier komponen perangkat Asus di Tiongkok yang juga mengalami nasib serupa, seperti fasilitas manufaktur perusahaan lain yang berbasis di negara tersebut.

“Kebanyakan dari pabrik laptop dan supplier kami berada di Tiongkok. Jadi, hampir semua seri kami terdampak. Jadi, pabrik sekarang sedang mencari pekerja yang mau kembali ke pabrik. Itu tantangannya. Karena virus ini tidak hanya di satu area, tapi sudah tersebar di banyak area,” jelasnya.

Pemerintah Tiongkok sebelumnya telah menginstruksikan fasilitas pabrik meliburkan sementara pekerjanya Informasi dari pihak supply chain yang dirahasiakan identitasnya mengklaim bahwa jumlah pengapalan hardware buatan ASUS dan Gigabyte menurun drastis dari target kuartal satu 2020. Jumlah pengapalan hardware motherboard Gigabyte sendiri menurun 10 juta unit dibanding 2019.

Penurunan ini disebabkan banyak konsumen yang menghindari tempat umum, mulai dari kf=afe internet dan toko ritel. Kemudian, banyak layanan kurir yang juga berhenti beroperasi sementara. Akibatnya penjualan hardware secara online menjadi terhambat.

Padahal di satu sisi banyak konsumen yang ingin melakukan upgrade perangkat. Alasannya, instruksi pemerintah untuk megurangi aktivitas di luar atau tempat umum membuat mereka mencari hiburan di rumah.

STEVY WIDIA

Exit mobile version