Visa dan DANA Kolaborasi Dukung UMKM

UMKM didorong untuk mengadopsi teknologi digital. (Foto: Ilustrasi/DANA)

youngster.id - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terus didorong untuk bermigrasi ke online untuk mempertahankan usaha mereka melalui teknologi digital. Untuk mendukung hal itu, Visa bersama DANA meluncurkan inisiatif “Visa Dukung UMKM”.

 

DANA dan Visa juga mengajak Bukalapak, untuk berpartisipasi dalam kolaborasi ini untuk memberikan manfaat serupa bagi usaha kecil dan mikro serta para konsumen yang baru terdaftar di Bukalapak.

“Perdagangan di seluruh dunia semakin beralih ke digital di tengah pandemi Covid-19, di mana semakin banyak orang yang memesan kebutuhan sehari-hari secara online dan lebih memilih cara membayar yang contactless,” ujar Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia dalam keterangannya Jumat (4/9/2020).

Dia meyakini di situasi saat ini, kolaborasi menjadi kunci dalam sinergi upaya-upaya menstabilkan perekonomian, khususnya memperkuat pilar usaha kecil dan mikro.

“Sebagai penyedia jaringan pembayaran, Visa berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman pembayaran yang aman dan lancar bagi konsumen e-Commerce, serta membantu usaha kecil dan mikro beradaptasi dengan cara baru dalam mengelola dan mengembangkan bisnis mereka, memastikan pelaku usaha dapat kembali bangkit dan pulih,” kata Riko lagi.

Sementara itu, Vince Iswara, CEO and Co-Founder Dana, mengatakan, kemitraan dengan Visa sejalan dengan komitmen DANA untuk terus mengembangkan platform, bersinergi dengan berbagai institusi dan pelaku usaha, baik skala kecil maupun besar.

“Melalui komitmen ini, kami bermaksud berpartisipasi dalam mempercepat inklusi keuangan digital dan menyediakan solusi yang sesuai di segala situasi, dengan ekosistem ekonomi digital menjadi penerima manfaatnya. Kami meyakini sinergi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat mampu membangun ekosistem digital yang terintegrasi sebagai solusi yang efektif bagi UMKM dalam menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

Untuk membantu usaha kecil, Visa Indonesia melalui kampanye “Visa Dukung UMKM” berfokus mempromosikan perdagangan digital dan pertumbuhan ekonomi, melalui sejumlah prioritas, di antaranya pemberdayaan pelaku usaha digital, mendorong pembayaran digital, dan memberikan insentif agar konsumen terdorong untuk berbelanja produk dalam negeri.

“Sebagai Sahabat UMKM, kami berkomitmen membantu mempercepat digitalisasi UMKM dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia dengan menanamkan kebanggaan menggunakan produk dalam negeri,” tambah Vince.

DANA dan Visa juga menggandeng Bukalapak, salah satu e-commerce unicorn terbesar di Indonesia, untuk berpartisipasi dalam kolaborasi ini guna memberikan manfaat serupa bagi usaha kecil dan mikro serta para konsumen yang baru terdaftar di Bukalapak.

STEVY WIDIA

Exit mobile version