VMware & APTikom Siap Cetak Angkatan Kerja Digital Berkompetensi

Penandatanganan nota kesepahaman antara VMware dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTikom), Kamis (22/9/2016) di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - VMware jalin kerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTikom) untuk mencetak angkatan kerja digital berkompetensi. Kerjasama ini dalam rangka turut berkontribusi mendorong pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“Kami menyambut antusias pencanangan dan dimulainya program ini. Kemitraan yang kami jalin bersama ini diharapkan dapat membekali mahasiswa melalui sebuah program yang holistik, meliputi program akademik hingga pelatihan teknis,” jelas Ketua Dewan Penasehat APTikom, Richardus Eko Indrajit dalam jumpa pers-nya kepada media saat ditemui Krakatau Hotel Grand Hyatt Jakarta, Kamis/(22/9/2016).

Lebih lanjut, dia mengatakan bentuk kerjasama ini merupakan pertama kalinya dimana sebuah perusahaan berkolaborasi dengan APTikom dalam rangka mendorong pemberdayaan dan menyiapkan angkatan kerja digital generasi masa depan bagi Indonesia. Dalam perjalanannya, bentuk kerjasama yang dijalin memang sudah dilaksanakan. Namun nota kesepahaman kerjasama ini baru hari ini ditandatangani secara resmi.

Para peserta kegiatan ini adalah mahasiswa dan staf dari 99 universitas dan perguruan tinggi. Mereka akan mendapat pembekalan dan peningkatan pengetahuan, serta kecakapan teknis tepat guna dalam bidang teknologi virtualisasi dan cloud bagi golongan angkatan kerja. Dengan kurikulum yang disusun oleh VMware Indonesia.

“Kami ingin membantu para mahasiswa saat mereka lulus juga dilengkapi dengan kecakapan pengetahuan yang terpakai di dunia industri. Kami ingin membawa apa yg kami miliki bisa dibawa di dunia akademik sehingga bisa terpakai saat ia masuk industri,” papar Adi Rulsi Senior Director & Country Manager VMware Indonesia.

Selain menyediakan dukungan bagi 99 universitas dan perguruan tinggi di Indonesia, pusat riset yang akan dikembangkan oleh APTikom juga akan dilengkapi dengan kurikulum mengenai virtualisasi dan cloud. Pusat riset tersebut rencananya akan didirikan di Palembang, Jakarta, Makassar, Bali, serta Banjarmasin.

Kerjasama ini juga diharapkan dapat menjadi gerbang sekaligus membuka peluang bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika diIndonesia melalui kurikulum yang nantinya diberikan beserta Pusat Riset Virtualisasi dan Cloud yang dibentuk bersama APTikom.

 

FAHRUL ANWAR
Editor : Stevy Widia