Wamendag Jerry: Generasi Muda Harus Cakap Digital

Wamendag Jerry Sambuaga

Wamendag Jerry: Generasi Muda Harus Cakap Digital (Foto: Istimewa/Biro Humas Kemedag)

youngster.id - Sejatinya, penguasaan teknologi digital dapat membantu generasi muda untuk berkreasi dan berinovasi sehingga membuat produk Indonesia semakin dikenal. Oleh karena itu, generasi muda harus cakap digital untuk dapat menangkap peluang-peluang ekspor ke pasar global.

Besarnya jumlah penduduk usia muda yang berpotensi menguasai teknologi digital akan menjadi dorongan yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Hal ini sejalan dengan upaya Kementerian Perdagangan yang terus menyelenggarakan pelatihan untuk mencetak generasi muda yang berkontribusi pada perdagangan ekspor dan digital Indonesia.

Berdasarkan data Bank Indonesia, perdagangan digital Indonesia terus tumbuh dan memberikan kontribusi yang semakin besar terhadap ekonomi. Nilai transaksi niaga elektronik atau niaga-el (e-commerce) tahun 2023 mencapai Rp453,75 triliun. Nilai tersebut diprediksi tumbuh 2,8% menjadi Rp487 triliun pada 2024 serta tumbuh 3,3% menjadi Rp503 triliun pada 2025.

“Generasi muda harus cakap digital untuk dapat menangkap peluang-peluang ekspor yang semakin terbuka luas ke pasar global. Penguasaan teknologi digital dapat membantu generasi muda untuk berkreasi dan berinovasi sehingga membuat produk Indonesia semakin dikenal,” ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, saat membuka Pelatihan Bisnis Online Ekspor di kantor Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP), dikutip Selasa (16/7/2024).

Menurut Jerry, dunia bisnis saat ini membutuhkan generasi muda yang kreatif. Pelatihan ekspor yang diselenggarakan merupakan wujud nyata hadirnya Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang ekspor, tidak hanya bagi para pelaku usaha, tetapi bagi para calon pengusaha dari kalangan dosen dan mahasiswa.

Selain itu, Kementerian Perdagangan juga memiliki program-program yang terkait dengan pengembangan SDM ekspor antara lain melakukan kolaborasi pemasaran melalui platform digital. Selain itu, juga mengoptimalisasi keberadaan perwakilan perdagangan RI di luar negeri yaitu Atase Perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC).

“Saya berharap generasi muda memiliki semangat berkompetisi di tengah perubahan yang serba cepat. Semangat berkompetisi akan menjadi modal untuk bersaing di kancah global,” tambahnya.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, tren surplus neraca perdagangan masih terus terjaga selama 49 bulan berturut-turut sejak Mei 2020 hingga Mei 2024. Neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2024 kembali mencatatkan surplus sebesar US$2,93 miliar. Secara kumulatif neraca perdagangan Januari–Mei 2024 surplus sebesar US$13,06 miliar. Sementara, kinerja ekspor bulan Mei 2024 tercatat US$22,33 miliar atau tumbuh 13,82%. Ekspor nonmigas pada periode tersebut mencapai US$20,91 miliar atau naik 14,46% (MoM).

“Ini adalah momentum yang baik bagi perekonomian nasional. Sehingga kinerja perdagangan yang sudah baik harus kita jaga dan tingkatkan. Di tengah tantangan dan dinamika global, sektor perdagangan harus mampu memberikan optimisme dan bergerak sebagai generator pemulihan ekonomi nasional,” tutup Wamendag Jerry. (*AMBS)

 

Exit mobile version