youngster.id - Inovasi dan menggelar program keanggotan telah menjadi stategi pemasaran yang baik bagi Watson Indonesia. Dengan fokus pada menjaga loyalitas pelanggan, perusahaan ritel kesehatan dan kecantikan ini mampu menggaet 1 juta member pelanggan setia.
Presiden Direktur Watsons Indonesia Lilis Mulyawati mengungkapkan, prospek industri kesehatan dan kecantikan terus meningkat. Terutama sejak berkembangnya fenomena vlog health and beauty di media sosial, semakin mendongkrak penjualan produk-produk kecantikan di gerainya. Terbukti dalam dua tahun, Watsons Indonesia mampu mencapai jumlah 1 juta member pelanggan setia.
“Dengan 1 juta member ini menandakan kepercayaan masyarakat terhadap keuntungan yang didapat jika menjadi member Watsons,” ujar Lilis dalam keterangannya, Senin (2/3/2020) di Jakarta.
Dia mengklaim bahwa bisnis Watson Indonesia tumbuh dobel digit. Langkah awal yang dilakukan Watsons untuk CRM ini adalah dengan menghadirkan loyalty program dengan bentuk membership Watsons dan mengusung tagline, Jadi Member Pasti Untung. Dengan sistem ini, anggota mendapatkan poin pada setiap transaksi berbelanja yang dapat dipakai untuk mengurangi pembayaran, promosi harga spesial khusus member baik di gerai Watsons dan online, hingga keuntungan di berbagai merchant partner yang telah bekerjasama. Bahkan dengan kartu membership Watsons pelanggan mendapatkan potongan diskon di Traveloka Experience, Prodia, Diva Karaoke dan masih banyak yang lainnya.
Watsons juga menghadirkan program Watsons One Pass, yakni mengintegrasikan loyalty program tersebut di tujuh negara lain di Asia diantaranya Hong Kong, Macau, Mainland China, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Thailand yang memungkinkan para pelanggan setia dapat menikmati keuntungan-keuntungan promo membership di negara-negara tersebut dan pelanggan tetap dapat memperoleh reward poin serta berbagai promo menarik di negara tujuan.
Bukan hanya itu, selama bulan Maret 2020 ini Watsons memberikan keuntungan lainnya bagi pelanggan yang memiliki kartu membership Watsons. Setiap pembelanjaan produk tertentu dapat menukarkan 1 poin dengan produk yang sama. Serta ada tambahan diskon dan reward poin lebih besar pada produk tertentu.
“Tahun lalu kami tumbuh dobel digit. Tahun ini harap minimal bisa sama bahkan lebih dari sebelumnya,” pungkas Lilis. Dalam mencapai target perusahaan, tahun ini Watsons bakal memperkuat penjualan di sektor online.
STEVY WIDIA
Discussion about this post