Wilbert Thamrin dan Condoleezza Tanabi Wakili Indonesia di Olimpiade Bahasa Jerman di Hamburg

Olimpiade Bahasa Jerman

Wilbert Thamrin dan Condoleezza Gnade Tanabi Wakili Indonesia di Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional 2022 di Hamburg (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tahun ini, Goethe-Institut Indonesien menyelenggarakan Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional bekerja sama dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI). Wilbert Thamrin dan Condoleezza Gnade Tanabi terpilih sebagai juara 1 dan 2.

Sebanyak 77 siswa/i dari 62 SMA/SMK/MA di 27 provinsi telah berkompetisi secara daring di babak final Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2022 pada 24-25 Januari. Pemenang pertama dan kedua pada lomba tahunan ini akan mewakili Indonesia berkompetisi dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional 2022 di Hamburg, Jerman.

“Saya mengapresiasi para finalis karena tahun ini jauh lebih banyak peserta dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, jumlah peserta yang berkompetisi hampir mencapai 1.200 siswa/i dari 373 SMA/SMK/MA di babak penyisihan tingkat provinsi pada November 2021 hingga akhirnya mengerucut menjadi 77 finalis. Hal ini terjadi karena Olimpiade Bahasa Jerman di Indonesia berlangsung secara daring sehingga bisa meraih lebih banyak peserta,” kata Dr. Stefan Dreyer, Direktur Goethe- Institut Indonesien, dalam keterangan resminya. Selasa (1/2/2022).

Kompetisi ini turut didukung Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Indonesia, Asosiasi Germanistik Indonesia, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa (P4TK) Kemdikbudristek, serta Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek. Kompetisi tahun ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan secara daring dikarenakan pandemi.

Dalam upacara pengumuman pemenang di GoetheHaus Jakarta yang disiarkan secara langsung di YouTube Goethe-Institut Indonesien pada Senin 31 Januari 2022, Wilbert Thamrin (SMA Saint Peter Kelapa Gading, Jakarta) dinobatkan sebagai juara satu. Adapun Condoleezza Gnade Tanabi (SMA Negeri 28 Jakarta) terpilih sebagai juara kedua.

Wilbert dan Condoleezza akan terbang ke Hamburg untuk melanjutkan perjuangannya dalam Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional yang dijadwalkan berlangsung 25 Juli hingga 5 Agustus 2022. Kompetisi akbar internasional ini berlangsung setiap dua tahun sekali. Selain diuji keterampilan berbahasa Jerman, para peserta diharapkan menunjukkan kompetensi komunikasi antarbudaya dan kerja tim di tingkat internasional. Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Internasional 2022 akan diikuti sekitar 90 finalis dari 45 negara.

Selain Wilbert dan Condoleezza, pemenang kompetisi lainnya tahun ini adalah: Arifianti (SMA Negeri 1 Kedungwaru, Jawa Timur) di tempat ketiga, Elianne Sulistyo (SMA Santa Ursula BSD, Banten) di tempat keempat, Audy Putrirafalika Sudrajat (SMA Madania Bogor, Jawa Barat) di urutan kelima, dan Felicitha Josephena Adi (SMA Negeri 2 Balikpapan, Kalimantan Timur) di posisi keenam. Keenam pemenang memperoleh beasiswa kursus bahasa Jerman di salah satu Goethe-Institut di Jerman.

Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional di Indonesia diadakan setiap tahun sejak 2010 untuk mempromosikan bahasa Jerman di Indonesia serta mendorong siswa/i SMA/SMK/MA untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berbahasa Jerman. Para siswa/i diuji dalam hal keterampilan berbahasa Jerman pada tingkat kemahiran bahasa A2 (tingkat pemula lanjutan).

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version