Windows 10 Permudah Pelaku Industri Kreatif

Microsoft Indonesia gelar Windows 10 Anniversary Update, Jumat (19/8/2016) di Jakarta. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Setahun beroperasi Windows 10 telah digunakan oleh lebih dari 350 juta orang di dunia di lebih dari 150 negara. Untuk itu, perangkat lunak ini menghadirkan rangkaian fitur terbaru. Update ini diklaim mampu meningkatkan produktivitas beragam profesi, termasuk bagi para pelaku industri kreatif di Indonesia.

Industri kreatif memiliki potensi besar untuk memajukan Indonesia. Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia yang mencapai 5,76% di tahun 2014. Kondisi ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di kisaran 5,74%. Dengan demikian peluang Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif pun semakin meningkat.

Microsoft Indonesia yang menggelar Windows 10 Anniversary Update, mengklaim beragam fitur dan aplikasi unggulan pun dihadirkan, termasuk untuk mendukung para pelaku di industri kreatif.

“Kami berharap update Windows 10 dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri kreatif tanah air dengan membantu meningkatkan produktivitas para pemainnya dan mendukung mereka dalam melakukan transformasi digital,” kata Linda Dwiyanti, Consumer Channels Group Director, Microsoft Indonesia, Jumat (19/8/2016) di Jakarta.

Sejumlah fitur dari Windows 10 dinilai dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja. Misalnya fitur Sticky Notes yang dapat mempermudah berselencar di internet. fitur ini akan langsung terintegrasi dengan Microsoft Edge secara real time.

Fitur lain adalah Sketchpad. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis atau menggambar di atas perangkat dengan memakai pena stylus bagi perangkat touchscreen atau mouse untuk perangkat non-touchscreen. Sketchpad pun menyediakan fitur Ruler yang dapat memudahkan penggunanya dalam menciptakan garis lurus saat berkreasi.

Seperti yang dirasakan Faza Ibnu Ubaidillah (Faza Meonk), pencipta komik Si Juki. “Saat membuat komik, proses kreatif yang saya lalui terbilang panjang, mulai dari mencari ide hingga menuangkannya ke atas kertas. Dengan Sketchpad, saya dapat mengurangi sedikitnya satu tahapan: menggambar di kertas. Selain itu, saya juga tidak perlu takut kehilangan gambar karena bisa langsung saya dimpan di OneDrive ”“ memungkinkan saya untuk membukanya di mana saja dan kapan saja,” kata Faza.

Senada yang disampaikan founder startup Cloth Inc, Julian Tanoto. Ia mengaku memanfaatkan Windows 10 Anniversary Update untuk kebutuhan pekerjaan kreatifnya. Menurut dia, dengan sketchpad ia bisa menggambar sketsa busana di atas tablet di mana saja.

“Sekarang saya bisa menggambar sketsa pakaian di atas pesawat atau kereta api saat melakukan perjalanan dinas. Rasanya sama seperti menggambar di atas kertas sehingga saya menjadi lebih bebas dalam berkreasi. Saya pun bisa langsung mengirimkan sketsa gambar ke rekan saya dengan lebih cepat,” ucap Julian.

Tidak hanya Sketchpad, Julian juga memanfaatkan fitur Screen Sketch untuk membantunya menulis di Web secara efektif. “Saat membuka situs fesyen, saya tinggal menggunakan fitur Screen Sketch untuk langsung menulis atau mencorat-coret di atas Web yang tengah saya kunjungi,” ujarnya.

Selain itu ada pembaruan Windows 10 Lain seperti staffpad, dan fitur ekstensi aplikasi. Salah satu musisi yang kerap menggunakan Staffpad adalah Alvin Ghazalie musikus pembuat komposisi ekspansial antara musik kontemporer dan modern jazz.

“Update kali ini memberikan saya keleluasaan untuk menggunakan Staffpad dengan lebih baik. Kini saya bisa menulis dan memutar notasi yang saya buat di mana saja ”“ proses menciptakan lagu pun mengalir dengan lebih lancar,” ucap Alvin.

Dari segi keamanan, Microsoft mempercanggih tingkat keamanan Windows Hello dan Windows Defender sehingga pengguna tidak perlu khawatir data mereka akan rusak atau hilang. Anniversary Update ini juga telah terintegrasi dengan Microsoft Edge, sehingga memungkinkan pengguna untuk masuk ke berbagai situs dengan menggunakan Windows Hello. Seluruh fitur terbaru Windows 10 ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna Windows 10 genuine sebagai bagian dari Windows as a service.

STEVY WIDIA