youngster.id - PT XL Axiata Tbk konsisten mendukung kemajuan usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia. Salah satu implementasi, melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS), yang menghadirkan layanan XL SATU Biz untuk mempermudah digitalisasi para pelaku UKM.
Untuk tujuan itu pula, XL Axiata turut hadir dalam rangkaian hajatan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang berlangsung di Surakarta atau Solo, 15 – 19 Mei 2024.
Group Head Enterprise Product & Marketing XL Axiata Tri Wahyuningsih menyampaikan, pada kesempatan itu perusahaan menampilkan sejumlah layanan solusi yang tepat untuk digitalisasi UKM. Seperti XL Satu Biz, Adscellence, Managed Service Wifi, Digital Rewards, Google Workspace, Infinet Go, Biz Vida, Open Wifi. Selain itu, melalui program Sisternet, dihadirkan pula sejumlah produk UKM binaan, seperti batik dan produk minuman kesehatan.
“Semoga melalui event ini, semakin banyak rekan-rekan UKM di berbagai daerah yang bisa mengadopsi solusi digital dari kami guna mendukung upaya naik kelas dan menjadi lebih produktif,” ucapnya, dikutip Senin (20/5/2024).
Dia menjelaskan, produk XL SATU Biz, yaitu paket internet dan solusi bisnis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk menyelesaikan setengah dari pekerjaan mendirikan usaha, dengan adanya internet fiber opti berkecepatan tinggi, kuota besar untuk bersama, dan juga aplikasi wirausaha majoo yang sudah menjadi bagian dari paket XL SATU Biz.
Kemudian ada Adscellence, solusi digital berupa SMS Location Based Advertising. “Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mendapatkan pelanggan potensial dengan iklan SMS terfokus di sekitar lokasi usaha, ” ujar Tri.
Selain ini i ada Managed Service Wifi, yaitu teknologi wifi berbasis cloud . Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mengelola, mengontrol, dan memecahkan masalah jaringan Wi-Fi di tempat bisnis dari jarak jauh. Lalu, Digital Rewards, yaitu hadiah dalam bentuk digital seperti kuota internet. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat mengadakan program loyalitas atau penawaran khusus yang melibatkan pemberian hadiah digital.
XL juga menghadirkan Google Workspace, yaitu ruang kerja berbasis cloud. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk memudahkan dan mengamankan pengelolaan keperluan digital workspace, mulai dari pembuatan email dengan domain perusahaan, memudahkan karyawan mengakses berbagai aplikasi Google, mengatur siapa saja yang bisa mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, dan masih banyak lagi!
Kemudian Infinet Go, yaitu paket internet all in one. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk tetap terhubung ke jaringan nirkabel dari mana saja dan kapan saja dengan perangkat wifi portable berkecepatan tinggi. Serta Biz Vida, yaitu tanda tangan berbasis digital dan Open Wifi, yaitu fitur wifi untuk mengenal pelanggan lebih akurat dan mengetahui kebutuhan pelanggan. B
“Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses tanda tangan digital dengan keamanan yang terjamin dan biaya yang hemat. Layanan ini akan bermanfaat untuk mengetahui secara real-time banyak pengunjung dari penggunaan Wi-Fi, dan dapat menambah penghasilan,” kata Tri lagi.
Saat ini, solusi XL SATU Biz sudah hadir di 88 kota/kabupaten di berbagai provinsi Indonesia, dan akan terus meluas seiring dengan perluasan jaringan konvergensi. Hingga kuartal pertama 2024, tidak kurang dari 10K UKM telah memanfaatkan XL SATU Biz untuk mendukung produktivitas mereka.
Pada event HUT ke-44 Dekranas, melalui program CSR Sisternet, XL Axiata juga menampilkan dua pelaku UKM yang telah berhasil naik kelas berkat mengikuti program-program pengembangan dari Sisternet seperti salah satunya Kompetisi Modal Pintar 2023. Pertama adalah Ulur Wiji UKM asal Desa Pandankrajan, Kabupaten Mojokerto. UKM yang dikelola perempuan ini memiliki produk berbagai jenis batik yang mengusung konsep keberlanjutan, eco-fashion, dan eco-friendly.
UKM kedua adalah lemonih.id, berasal dari Surakarta dan memiliki produk minuman kesehatan. Produk minuman tersebut terbuat dari lemon import premium, jahe merah, dan kayu manis bekualitas tinggi untuk membantu mendetoks tubuh dan membantu menurunkan berat badan yang berlebih.Dengan bergabung menjadi bagian dari ekosistem digital Sisternet, lemonnih.id mendapatkan dukungan untuk meningkatkan brand awarness dan kesempatan akses ke market yang lebih luas, serta edukasi pengembangan bisnis.
Hingga saat ini, lebih dari 3.000 UKM perempuan telah mengikuti program Sisternet, melalui kelas-kelas pengembangan. Mereka berasal dari berbagai daerah di tanah air, dengan beragam produk. Mulai dari makanan dan minuman, kerajinan, fashion, hingga sektor tempat wisata.
STEVY WIDIA
Discussion about this post