youngster.id - Untuk mempermudah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia masuk ke bisnis online PT XL Axiata (XL) menawarkan solusi khusus “Paket Sukses”.
“Saat ini kegiatan bisnis UKM berkembang dengan cepat dan relatif merata di Indonesia. Ini tentunya menjadi peluang bagi kami di XL untuk turut berkontribusi membantu perkembangan bisnis  mereka melalui penyediaan layanan yang bisa membantu bisnis mereka berkembang lebih baik lagi,” kata Kakit Tan, General Manager SME/SMI & Device Product XL.
Menurut Kakit, di Indonesia saat ini masih ada sekitar 36% pelaku UKM yang menjalankan bisnisnya secara offline. Selebihnya, meskipun sudah menjalankan bisnisnya secara online, tetapi sekitar 37% di antaranya masih menggunakan basic online. Mereka belum terkoneksi dengan media jejaring sosial dan e-commerce.
Sementara itu, sekitar 20% pelaku UKM yang sudah menjalankan bisnisnya secara online masih tidak puas dengan koneksi internet yang mereka pakai.
Oleh karena itu, merespon kebutuhan para pelaku UKM baik yang masih melakukan bisnisnya secara offline maupun online, XLmenawarkan solusi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Solusi XL ini berupa paket komunikasi yang lebih terjangkau dan khusus bagi kalangan pelaku usaha kecil menengah (UKM), yakni Paket “Sukses”.
Paket “Sukses” ini akan memudahkan pelaku UKM dalam menjalin komunikasi bisnis  dengan partner atau pelanggan mereka serta juga memudahkan dan memperkuat UKM dipasar online. Selain tarif yang semakin terjangkau, paket ini juga memberikan manfaat tambahan berupa komunikasi tanpa batas antara pimpinan atau pemilik UKM ke karyawannya, maupun juga untuk antar karyawan UKM tersebut. Paket tersebut berupa Paket Sukses S dengan harga Rp 268.000 Paket Sukses M dengan harga Rp 368.000, dan Paket Sukses L dengan harga Rp 468.000.
Untuk mempermudah pelaku UKM mendapatkan Paket Sukses, XL telah menyiapkan sales agen mitra penjualan dengan jumlah yang memadai, dan mereka tersebar di seluruh wilayah layanan XL. XL juga menjalin kerjasama penjualan dengan institusi atau perusahaan yang sudah memiliki basis pelanggan UKM yang besar.
Selanjutnya, XL berencana menggelar acara khusus seperti pameran atau workshop untuk para pelaku UKM. XL berharap, produk layanan terbaru ini bisa menaikkan jumlah pelanggan dari kalangan UKM menjadi sekitar 120 ribu pelanggan.
“Paket Sukses adalah paket pertama di Indonesia untuk segmen UKM yang memberikan manfaat untuk pemilik dan karyawan sekaligus,” klaim Takit.
Saat ini pelanggan XL dari kalangan UKM telah mencapai kurang lebih 2000 pelanggan. Hampir semuanya telah memanfaatkan layanan akses internet untuk membantu operasional dan kinerja mereka. UKM pelanggan XLbergerak di berbagai bidang, dan berada di berbagai daerah. Terbesar ada di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post