youngster.id - Beragam platform musik digital merambah negeri ini. Mulai dari Spotify, Joox hingga Yonder Music. Peta persaingan pun semakin ketat. Meski demikian sejumlah pihak optimis bisa meningkatkan pengguna.
Adam Kidron, CEO Yonder Music, pihaknya menargetkan bisa menambah pelanggan Yonder Music sebanyak dua juta lagi sampai akhir tahun ini. “Kami tidak khawatir dengan persaingan di musik digital karena platform kami gratis dan bisa dipakai secara offline,” kata Adam baru-baru ini.
Platform musik digital asal Amerika Serikat ini menggandeng PT XL Axiata Tbk (EXCL). Sejauh ini sudah ada 45 juta pengguna provider XL Axiata yang mengunduh aplikasi Yonder.
Dari kerjasama tersebut, Yonder bakal mendapat royalti 25% dari setiap unduhan. Namun Adam tidak merinci pendapatan yang sudah diraih tahun lalu, begitu pula soal target yang dibidik di akhir tahun ini.
“Yang jelas, untuk bisa mengejar target jumlah pelanggan, Yonder menerapkan beberapa strategi, seperti memperbanyak artis lokal. Saat ini Yonder sudah menggandeng 30 artis lokal. Kami ingin dangdut go internasional,” ungkap Adam.
Menurut dia, Yonder bakal mengoptimalkan artis musik dangdut. Sayangnya dia tidak mengungkapkan target tambahan artis lokal di akhir tahun ini.
STEVY WIDIA