youngster.id - YouTube menyatakan bahwa dalam tiga tahun terakhir pihaknya telah memberikan lebih dari $50 miliar penghasilan kepada kreator, artis, dan perusahaan media. Kini Youtube akan memperluas cakupan sistem monetisasi dari Program Partner YouTube agar lebih banyak kreator dapat menjadi anggota.
CEO YouTube Susan Wojcicki mengatakan, Program Partner YouTube adalah sesuatu yang revolusioner saat kami luncurkan pada tahun 2007 lalu, dan masih revolusioner sampai saat ini. Dalam tiga tahun terakhir, YouTube telah memberikan lebih dari $50 miliar penghasilan kepada kreator, artis, dan perusahaan media.
“Uang $50 miliar dolar itu telah mengubah hidup para kreator di seluruh dunia dan menunjang kemunculan cerita dan bentuk ekspresi diri yang baru. Namun, perjalanan kami belum selesai. Saat memperkenalkan Program Partner YouTube, kami membuat pertaruhan besar, kami akan sukses hanya jika kreator-kreator kami sukses,” kata Susan siaran pers, Rabu (21/9/2022).
Pada acara Made on YouTube di Los Angeles California AS, YouTube mengumumkan akan memperluas cakupan sistem monetisasi dari Program Partner YouTube (YPP), agar lebih banyak kreator dapat menjadi anggota.
“Sekarang, kami akan meningkatkan upaya itu. Kami memperkenalkan cara anyar untuk mengapresiasi kreativitas di platform kami dengan memperluas akses Program Partner YouTube, termasuk untuk Short dan musik,” kata Susan lagi.
Mulai awal 2023, kreator yang berfokus pada Shorts dapat mendaftar YPP setelah memenuhi syarat minimal 1.000 subscriber dan 10 juta tayangan Shorts dalam 90 hari. Para partner baru ini akan mendapatkan semua manfaat YPP, termasuk monetisasi iklan di video Shorts maupun video format panjang YouTube.
Chief Product Officer YouTube Neal Mohan mengatakan, Program Partner Youtube adalah terobosan baru dan yang terdepan di industri. Kini kreator memiliki total 11 cara monetisasi di YouTube.
“Untuk pertama kalinya di platform mana pun dan dalam skala berapa pun, pembagian keuntungan ditawarkan untuk video singkat. Peluang ini akan tersedia bagi semua anggota YPP — termasuk kreator baru yang terutama membuat konten dengan perangkat seluler, yang baru akan bergabung dengan program ini untuk pertama kalinya,” ungkapnya.
Short saat ini telah memiliki lebih dari 30 miliar penayangan per hari dan lebih dari 1,5 miliar pengguna login per bulan. Untuk mengapresiasi kategori kreasi baru ini, mulai awal 2023, Youtube akan beralih dari sistem pendanaan tetap dan lebih mengandalkan model pembagian keuntungan yang unik di Shorts, baik untuk kreator yang sudah menjadi anggota YPP maupun yang baru mendaftar.
Selain itu, Youtube juga meluncurkan Kreator Musik. Global Head of Music YouTube Lyor Cohen mengatakan, rumitnya urusan lisensi musik membuat sebagian besar video panjang yang berisi musik tidak memberikan penghasilan kepada kreatornya.
“Kreator Musik adalah masa depan. Kami membangun jembatan antara artis dan kreator di YouTube untuk makin mengapresiasi audio yang telah menunjang ekonomi kreator; solusi ini menguntungkan semua pihak dari artis, penulis lagu, kreator, hingga penggemar. Dengan Kreator Musik, artis memiliki cara baru untuk menyebarkan musik mereka ke dunia; penggemar dapat menemukan musik yang mereka sukai di channel kreator favorit; sementara kreator dan artis akan memiliki peluang pendapatan baru,” ungkapnya.
Tentu saja, solusi ini juga membuat artis dan pemilik hak musik dapat mengakses sumber pendapatan baru dari penggunaan musik mereka di YouTube. Kreator sekarang dapat membeli lisensi musik yang terjangkau, berkualitas tinggi, dan memungkinkan monetisasi optimal—pembagian keuntungannya akan sama dengan jumlah yang biasa mereka terima dari video tanpa musik.
Bagi kreator yang tidak ingin membeli lisensi di depan, mereka masih dapat menggunakan lagu tetapi harus berbagi pendapatan dengan artis dan pemilik haknya. Kreator Musik saat ini masih dalam versi beta di AS dan akan tersedia di lebih banyak negara pada tahun 2023.
STEVY WIDIA
Discussion about this post