Jumat, 19 Agustus 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

YouTube Luncurkan Fitur Baru untuk Naikkan Penghasilan Youtuber

14 Juli 2019
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
kreator konten

Han Yoora, Youtuber. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - YouTube meluncurkan sejumlah fitur terbaru untuk meningkatkan pendapatan bagi para pembuat kontennya alias youtuber. Ada tiga fitur terbaru dari YouTube, yakni super stiker, level, dan learning playslist.

Menurut TechCrunch, Jumat (12/7/2019), fitur super stiker terinspirasi dari emotes dan cheermotes situs Twitch, yang juga membawa stiker animasi ke dalam obrolan sebagai cara mendukung pembuat video.

Namun, fitur stiker super YouTube akan memiliki berbagai bahasa dan kategori, termasuk permainan, mode dan kecantikan, olahraga, musik, makanan, dan lainnya. Sejak diluncurkan Januari 2017 lalu, super chat telah memungkinkan penggemar membayar untuk membuat pesan mereka ‘menonjol’ selama live streaming atau pemutaran perdana YouTuber.

Tiga fitur tersebut melengkapi fitur yang telah diluncurkan YouTube tahun lalu, seperti keanggotaan saluran (memberships), rak barang dagangan (merchandise shelves), dan pemutaran perdana (premieres). Super stiker merupakan fitur yang digunakan untuk melengkapi fitur monetisasi yang telah ada sebelumnya yakni super chat. Fitur ini yang akan meluncur dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga :   Kopiko78 dan Trans7 Gelar Nonton Bareng Balapan MotoGP di 7 Kota

Nantinya, penggemar akan dapat membeli stiker animasi selama siaran langsung video dan pemutaran perdana untuk menunjukkan kepada pembuatnya betapa mereka menyukai konten tersebut.

YouTube mencatat, fitur super chat merupakan sumber pendapatan nomor satu di hampir 20 ribu salurannya, dengan peningkatan 65% secara tahunan (yoy). Hingga kini, super chat telah digunakan lebih dari 90 ribu saluran. Bahkan beberapa saluran telah menghasilkan lebih dari US$ 400 per menit berkat fitur tersebut.

Fitur terbaru kedua dari YouTube adalah level. Pembuat konten dapat menetapkan hingga lima poin harga yang berbeda untuk keanggotaan, masing-masing dengan tunjangan mereka sendiri. Fitur ini sudah diuji oleh YouTuber terpilih, termasuk Fine Brothers Entertainment di saluran REACT mereka. Menurut YouTube, pendapatan keanggotaan saluran mereka meningkat enam kali lipat setelah mereka meluncurkan dua tingkatan harga yang lebih mahal.

Baca juga :   Koperakyat Jawara BRI Digital Challege

Sebelumnya, YouTube juga telah memperkenalkan channel memberships yang merupakan perluasan dari fitur sponsorship, mirip dengan Twitch. Penggemar dapat membayar langganan untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur khusus yang terkait dengan saluran favorit. Saat ini, penggemar dapat memilih berlangganan channel memberships dengan membayar US$ 4,99 untuk mendapatkan lencana unik, emoji baru dan fasilitas khusus lainnya seperti akses ke live streaming eksklusif dan video-video tambahan.

YouTube juga memperluas rak merchant melalui fitur merchandise shelves. Mitra debutnya, Teespring, membantu para pembuat konten menjual barang dagangan seperti kaos, topi, sarung telepon, dan lainnya. YouTube mengklaim, ada ribuan saluran yang memiliki lebih dari dua kali lipat pendapatan mereka sejak ada fitur merchandise shelves, super chat, dan channel memberships.

Selain fitur monetisasi, YouTube juga memperhatikan penggunaan layanan yang mendidik dan inspirasional di situsnya. Perusahaan pun meluncurkan fitur baru ketiga bernama learning playlists yang memungkinkan pembuat video pendidikan untuk membagi video menjadi beberapa bagian di sekitar konsep utama. Mulai dari hal mendasar hingga yang lebih maju. Fitur itu juga dapat menyembunyikan rekomendasi dari halaman tontonan di YouTube.

Baca juga :   Industri Fashion Tetap Tumbuh, E-commerce Ini Permudah Akses Pengguna

YouTube juga berencana meluncurkan YouTube giving. Fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan dan tersedia bagi ribuan pembuat konten di Amerika Serikat. Setelah ditayangkan, penggemar dapat mengklik tombol donasi untuk memberikannya kepada organisasi nirlaba yang ingin didukung.

STEVY WIDIA

Tags: learning playlistlevelsuper stikerYoutubeYoutuber

Related Posts

Trinity
News

Dari Transaksi ke Platform OTT, Trinity Kantongi Revenue Tahunan Hingga 20%

19 Agustus 2022
0
Gamescon
Headline

13 Pengembang Game Indonesia Bakal Tampil di Gamescom 2022

19 Agustus 2022
0
Generasi milenial
News

Pasca Event Y20, Bogor Gelar Youth Innovation Festival

19 Agustus 2022
0
Load More

Berita Terbaru

Trinity

Dari Transaksi ke Platform OTT, Trinity Kantongi Revenue Tahunan Hingga 20%

19 Agustus 2022
0
Gamescon

13 Pengembang Game Indonesia Bakal Tampil di Gamescom 2022

19 Agustus 2022
0
Generasi milenial

Pasca Event Y20, Bogor Gelar Youth Innovation Festival

19 Agustus 2022
0
Titipku Jatiper

Titipku Gelar Kampus Juragan Untuk Edukasi Pedagang Pasar, Jatiper, dan Pelanggan

19 Agustus 2022
0
Smart City Nusantara Telkom

Smart City Nusantara Telkom Siap Melayani Ibu Kota Nusantara

19 Agustus 2022
0
Noice

Noice Dorong Pendengar & Konten Kreator Berani Bersuara Melalui Podcast

19 Agustus 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version