YouTube Luncurkan Fitur Handle Untuk Semua Pengguna

kreator konten

Youtuber Han Yoora. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - Penggunaan tanda “@” bukan hal yang asing di beberapa media sosial seperti Twitter, TikTok, dan Facebook yang sudah lama menerapkannya. Tanda ini memudahkan pengguna untuk menemukan konten dan berinteraksi dengan pembuat konten yang mereka sukai. Kali ini, YouTube pun meluncurkan itu dalam fitur Handle.

Sebelumnya pengguna Youtube hanya dapat memiliki tanda @ untuk URL individu yang sudah punya minimal 100 subscribers, yang memungkinkan pengguna untuk menemukan videonya. Sedang pengguna umum hanya memakai URL seperti youtube.com/user/your.handle.

Kali ini, YouTube menggulirkan handle untuk semua pengguna, di mana “@” akan dipakai untuk mengidentifikasi pengguna di laman channel, Shorts, atau area YouTube lain.

Perusahaan milik Google ini mengungkapkan, platform bukan hanya tempat untuk mengunggah dan mengomentari video, “tapi juga komunitas dan home base.”

“Itulah sebabnya hari ini kami memperkenalkan Handles, cara baru bagi orang-orang untuk menemukan dan berinteraksi dengan pembuat konten dan satu sama lain dengan mudah di YouTube,” demikian disebutk dalam blog resmi Youtube, Jumat (21/10/2022),

Pihak YouTube juga mengatakan, setiap kanal atau channel, nantinya bakal memiliki handles yang unik, memudahkan penggemar untuk menemukan konten dan berinteraksi dengan pembuat konten yang mereka sukai. Fitur Handle juga akan muncul di laman kanal dan Shorts, sehingga bisa langsung dikenali dan konsisten. Nantinya, pengguna akan bisa lebih mudah dan cepat untuk saling me-mention dalam sebuah komentar, pos komunitas, deskripsi video, dan lain-lain.

Selain nama kanal, handle juga akan jadi cara lain untuk mengidentifikasi sebuah kanal YouTube. Namun mereka tidak seperti nama kanal.

Handle akan benar-benar unik untuk setiap kanal, sehingga kreator bisa lebih jauh membangun keberadaan dan brand mereka yang berbeda di YouTube.

YouTube pun mengatakan bulan depan akan mengabari kreator jika mereka sudah bisa memilih handle untuk kanalnya. Biasanya, jika channel sudah memiliki URL yang dipersonalisasi, ini akan otomatis menjadi handle bawaan.

Namun, pengguna juga dapat memilih untuk mengubah handle salurannya, saat ada pemberitahuan di YouTube Studio. Mengingat sifatnya yang unik dan setiap kanal akan memilikinya, ini akan diluncurkan secara bertahap.

Waktu kapan pengguna akan mendapatkan akses ke proses pemilihan handle bergantung pada sejumlah faktor, termasuk eksistensi di YouTube secara keseluruhan, jumlah subscriber, dan apakah salurannya aktif atau tidak.

Saat kreator memilih nama mereka, YouTube bakal membuat URL yang cocok (contohnya: youtube.com/@handle), sehingga kreator bisa dengan mudah mengarahkan seseorang ke konten mereka, saat mereka tidak sedang aktif di YouTube.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version