ZebraX Sajikan Solusi Edge Analytics Untuk Optimalisasi Bisnis

data science

Data science(Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Data merupakan aset berharga bagi semua perusahaan, yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Dalam use case di industri, data dikumpulkan dari berbagai perangkat dan sensor IoT yang berbeda-beda, kemudian data tersebut disentralisasi dalam sebuah pusat data/ data warehouse lalu selanjutnya dianalisa guna mendapatkan insight.

Bagaimana jika industri memilih untuk melewatkan proses sentralisasi data tersebut dan langsung melompat ke proses analisis? Apakah hal tersebut dimungkinkan? Dan apakah industri tetap dapat mengoptimalkan bisnisnya?

“Pendekatan Edge Analytics merupakan jawaban dari tantangan tersebut. Edge Analytics   adalah metode analisis yang dilakukan pada komponen tidak terpusat tapi di tingkat device, seperti sensor, sakelar, dan berbagai perangkat yang terhubung. Dengan kata lain, insight diperoleh lebih dekat ke perangkat tempat sumber data itu sendiri dan di proses saat itu juga secara real-time,” kata Imron Rosyadi, Product Manager Oil & Gas PT Zebra Cross Teknologi dalam live webinar bertajuk “Edge Analytics for Artificial Lift Optimization” Kamis (21/4/2022).

Menurut dia, ZebraX memiliki kapabilitas dalam membantu industri mengimplementasikan solusi Edge Analytics ini, terutama di industri oil & gas. Selain industri oil & gas, Edge Analytics ini dapat diimplementasikan di industri lainnya, diantaranya ritel, manufaktur, logistik dan juga security.

“Seiring dengan munculnya teknologi IoT, ada peningkatan jumlah data yang dikumpulkan dan yang ingin dianalisis oleh organisasi, namun proses transmisi data dari titik pusat dan insight ke edge bolak-balik tentu membutuhkan waktu. Edge Analytics mampu memberikan insight yang cepat dan terdesentralisasi dari data-data yang dikumpulkan, dari sumber datanya langsung dengan tingkat kekerapan data yang tinggi,” kata Imron lagi.

Edge Analytics ini merupakan metode analisa alternatif dari data analytics tradisional, yang dapat dipertimbangkan oleh industri guna membantu menunjang efisiensi serta optimalisasi dalam proses di industri. Mengingat semakin meningkatnya ketergantungan bisnis pada pengambilan keputusan yang didorong oleh data dan proses otomatisasi, Edge Analytics adalah investasi yang signifikan dimiliki oleh industri guna membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang optimal.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version