Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Technopreneur

Giovanno Warli : Optimalkan Teknologi Untuk Angkat Potensi Perajin Lokal

11 Juni 2021
in Headline, Technopreneur
Reading Time: 4 mins read
Giovanno Warli

Giovanno Warli, Founder & CEO PT Dekornata Indonesia Berkarya (Dekornata) (Foto: Dok. Pribadi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pandemi Covid-19 turut melemahkan penjualan mebel dan kerajinan kayu, baik di dalam maupun luar negeri. Dampaknya tentu pada para pelaku industri. Berbagai upaya dilakukan untuk menggairahkan industri ini, termasuk dengan memanfaatkan teknologi digital.

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) mengungkapkan target pertumbuhan ekspor mebel dan kerajinan nasional pada 2020 sebesar 12% – 16% tidak tercapai akibat pandemi Covid-19. Nilai ekspor furnitur pada 2020 diperkirakan hanya sebesar US$1,7 miliar,  turun 2% dari tahun lalu. Sedangkan ekspor kerajinan pada 2020 sebesar US$755 juta atau turun 8% dari tahun lalu.

Namun belakangan pasar industri mebel dan kerajinan kayu Tanah Air kembali bergairah berkat pertumbuhan pasar dalam negeri. Salah satunya berkat dukungan dari e-commerce. Rupanya perubahan perilaku masyarakat yang berbelanja online telah mendorong pertumbuhan produk home and living secara signifikan.

Hal ini juga yang dirasakan oleh Dekornata yang menjual  berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah. “Selama pandemi omzet kami melonjak hingga tiga kali lipat,” kata Giovanno Warli, pemilik PT Dekornata Indonesia Berkarya kepada youngster.id.

Usaha rintisan lokal yang berdiri sejak 2018 ini memang mengandalkan pemasaran online. “Tujuan kami adalah memasarkan produk-produk buatan perajin Indonesia melalui optimalisasi teknologi dan platform digital. Sebab dengan online kita tidak perlu membayar overhead yang berlebih, harga produk kita juga menjadi lebih kompetitif, pembeli juga menjadi lebih luas tidak hanya di Jakarta dan Bogor,” jelas pria yang akrab disapa Gio ini.

Gio mengaku, di awal pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, pesanan yang datang ke Dekornata langsung turun drastis. Kliennya harus hold project, bahkan membatalkan pesanan. Namun dengan kegigihan dan inovasi, hambatan tersebut bisa dilewati. Beberapa inovasi produk dilakukannya, seperti mengembangkan produk rumah tangga dan alat masak seperti rolling pin, sendok takar, spatula, talenan dan sejumlah produk berbahan kayu.

Baca juga :   Mangkokku Siap Ekspansi Gerai Usai Raih Seed Funding

Kini, bisnis yang awalnya hanya memiliki satu perajin dengan tiga produk, telah berkembang dengan lebih dari 50 mitra perajin dari seluruh Indonesia dengan lebih dari 200 variasi produk.

“Berkat bantuan e-commerce maka orderan kami semakin banyak, dan membuat kami bisa menambah lebih banyak varian produk dan merangkul lebih banyak perajin. Yang awalnya kami khawatir karena project ditunda dan dibatalkan, justru sekarang kami menjadi kewalahan memenuhi pesanan online. Dari situ kami akhirnya membuat set bundling hingga hampers,” ungkapnya.

 

Ramah Lingkungan

Pria kelahiran Jakarta. 15 Mei 1995ini mengklaim semua produk yang dijual di Dekornata adalah dari kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan.

“Awal saya memilih untuk berjualan produk dari kayu karena ada banyak sisa kayu-kayu berkualitas hasil pabrik furnitur orang tua. Di sisi lain, saya ingin mempunyai bisnis yang menguntungkan tetapi juga impactful, tidak hanya ke pembeli tetapi juga ke supplier,” ungkap Gio.

Untuk itu, diklaim Gio, pihaknya terlebih dulu melakukan riset selama tiga bulan untuk mempersiapkan Dekornata sebelum diperkenalkan ke khalayak luas. Pasalnya, Gio punya misi agar Dekornata dapat lebih banyak membantu para perajin lokal dan menyajikan produk-produk handmade berkualitas.

“Saya berharap ke depannya Dekornata bisa lebih banyak membantu perajin dengan produk-produk yang handmade. Karena kami percaya, produk-produk handmade itu memiliki jiwanya tersendiri dan tidak ada yang sama,” ungkapnya.

Untuk tujuan itu Gio pun melakukan optimalisasi teknologi dan platform digital pada aplikasi Dekornata dengan bantuan teknologi AR (augmented reality). Hal ini, diklaimnya, yang membedakan Dekornata sehingga cepat dikenal oleh masyarakat.

Baca juga :   Wirausaha Wanita Meningkat

“Kami mengoptimalisasi teknologi dan platform digital dengan bantuan teknologi AR. Di Dekornata kami ingin mencoba hal-hal yang inovative dan bold. Dengan teknologi AR ini kami dapat menyampaikan produk tanpa pembeli harus datang ke offline store,” ungkapnya.

Di awal memulai usaha, Gio mengaku sempat kesulitan. “Saat awal semua harus dikerjakan sendiri. Mulai dari membuat foto produk, posting di Instagram, membalas chat, meeting dengan klien, membuat konten, hingga menghubungi pengrajin. Memang rasanya sulit, tapi kalau nggak sulit, sepertinya nggak akan grow ya,” ujarnya.

Ternyata dengan strategi yang tepat, usaha ini mulai menunjukkan hasil. Dari hanya mempekerjakan satu perajin, kini Dekornata sudah menggandeng lebih dari 50 perajin dari berbagai daerah di Jawa dan Kalimatan.

“Tujuan kami membantu perajin menjual produk ke pasar modern melalui optimalisasi teknologi. Kalau ada perajin yang ingin menjadi mitra Dekornata, bisa langsung hubungi saya loh,” ucapnya bersemangat.

Di sisi lain, Gio juga ingin memasilitasi agar para konsumen Dekornata memiliki produk yang berkualitas untuk menunjang kehidupan mereka menjadi lebih nyaman dan estetik. Apalagi belakangan permintaan produk dekorasi rumah berbahan kayu yang terus meningkat, membuat Dekornata berkolaborasi dengan banyak perajin dari Jawa hingga Kalimantan untuk mengolah produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah.

“Kami terus berkomunikasi dengan perajin agar selalu dapat kualitas yang terbaik dan juga memastikan produk-produk perajin juga mengikuti tren,” ucap Gio.

 

Giovanno Warli - Dekornata
Melalui Dekornata, Gio berharap bisa membantu perajin menjual produk ke pasar modern melalui optimalisasi teknologi (Foto: Dok. Pribadi)

 

Eksperimen AR

Dekornata terus mengedepankan teknologi. Menurut Gio, pihaknya terus bereksperimen dengan berbagai teknologi, termasuk dengan augmented reality (AR). “Dengan teknologi AR kami dapat menyampaikan bentuk produk kepada pembeli tanpa mereka harus datang langsung ke toko offline,” ungkapnya.

Alumni Business Administration Pepperdine University, AS ini percaya platform digital yang akrab dengan generasi milenial menjadi kunci untuk keberhasilan Dekornata. “Kami mengoptimalkan teknologi untuk bisa membantu konsumen Dekornata memiliki produk yang estetik bagi tempat tinggal mereka,” ujar Gio.

Baca juga :   Alvin Yap : Bangun Platform untuk Jual Beli Ponsel Bekas

Gio juga membagikan beberapa strategi yang kerap ia lakukan demi meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi. Salah satunya melalui Home Living SALEbrations di sebuah e-commerce. Saat ini, Dekornata menghadirkan aneka produk buatan tangan untuk kategori Home & Living dengan harga mulai Rp 5 ribu hingga Rp 7,5 juta.

Giovanno berharap bisnis yang dirintisnya ini semakin berkembang. Dengan begitu, dia bisa turut mengangkat kembali perekonomian para perajin lokal, khususnya dimasa pandemi ini. “Semoga Dekornata ini menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi customer-customer Dekornata dan tentunya para mitra perajin Dekornata,” tutup Giovanno

 

======================

Giovanno Warli

  • Tempat Tanggal Lahir          : Jakarta 15 Mei 1995
  • Pendidikan                            : Business Administration Pepperdine University, AS
  • Usaha yang dikembangkan : Membuat e-commerce  yang menjual  berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah
  • Nama Platform                     : Dekornata.com
  • Nama Perusahaan                : PT Dekornata Indonesia Berkarya
  • Mulai Usaha                          : 2018
  • Jabatan                                  : CEO & Founder
  • Jumlah  Mitra Perajin           : 55 Orang
  • Jumlah Karyawan                 : 20 orang

========================

 

FAHRUL ANWAR
Editor : Stevy Widia

Tags: DekornataGiovanno Warlioptimalkan teknologiperajin lokalproduk home and livingTechnopreneur
Previous Post

Alibaba Cloud Luncurkan Solusi Livestreaming E-commerce Terbaru untuk Berbagai Skala Bisnis

Next Post

UMKM Jangan Ragu, Segera Perluas Pasar melalui Jalur Digital Bersama Telkom

Related Posts

IndonesiaNEXT
Headline

IndonesiaNEXT Summit 2024, Dorong Generasi Muda Jadi Technopreneur

8 Oktober 2024
0
BINUS Digitec Valley
Headline

Dukung Industri Digital Technopreneur, BINUS @Malang Hadirkan BINUS Digitec Valley

23 Juli 2023
0
JDID Malang
News

J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID Gelar Edukasi Kewirausahaan Berbasis Technopreneur di Bagi UMKM Kota Malang

13 Oktober 2021
0
Load More
Next Post
Batik Puri Ambary - Telkom

UMKM Jangan Ragu, Segera Perluas Pasar melalui Jalur Digital Bersama Telkom

LINE Bank Ekspansi Pasar ke Indonesia dan Incar Nasabah Gen Z

LINE Bank Ekspansi Pasar ke Indonesia dan Incar Nasabah Gen Z

TECNO Spark 7 Pro

TECNO Mobile Luncurkan Produk Khusus Untuk Gen Z

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version